Jadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Tak Harus Mundur dari Polri

Iwan Bule anggota Polri pertama yang jabat Ketum PSSI

Jakarta, IDN Times - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) 2019-2023. Hal itu dipastikan, setelah Iwan Bule mendapatkan 82 suara dalam Kongres Luar Biasa PSSI untuk pemilihan ketua umum dan Exco.

Sepuluh calon lainnya tak meraih satu suara pun. Sementara tiga suara dinyatakan tidak sah dalam kongres yang digelar di Hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis (2/11) lalu. Lantas, apakah Iwan Bule boleh merangkap jabatan mengingat dia masih berstatus anggota Polri?

Baca Juga: Iwan Bule Mulai Pimpin PSSI, Nasib Ratu Tisha Belum Jelas

1. Polri: Ketum PSSI Mochamad Iriawan, bukan polisinya

Jadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Tak Harus Mundur dari PolriIDN Times/Axel Jo Harianja

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal menyatakan, Polri tidak menunjuk Iwan sebagai calon Ketum PSSI. Keputusan Iwan Bule mencalonkan diri menjadi Ketum PSSI, juga menjadi hak mantan Kapolda Metro Jaya itu.

"Kan Ketum PSSI adalah Mochamad Iriawan, bukan polisinya," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/11).

2. Tidak ada kewajiban mundur dari Polri jika menjabat Ketum PSSI

Jadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Tak Harus Mundur dari PolriIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Menurut Iqbal, Iwan tidak wajib mundur dari Polri. Jika ingin mundur, semua kembali kepada Iwan untuk memutuskan sendiri.

"Kalau organisasi (PSSI) itu kan bukan organisasi politik. Beda kalau menjabat seorang menteri, terus ikut kontestasi pemilu dan sebagainya, harus ada aturan," jelas Iqbal.

3. Iwan Bule jadi anggota Polri pertama yang jabat Ketum PSSI

Jadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Tak Harus Mundur dari PolriIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dalam Kongres Luar Biasa PSSI, total 86 anggota PSSI yang memiliki hak suara diundang. Namun, satu orang voter tidak hadir sehingga hanya ada 85 orang yang memilih.

Berdasarkan peraturan, calon yang telah mendapatkan 50 persen plus satu suara bisa dinyatakan sebagai ketua umum terpilih. Sementara Iwan mendapatkan suara sempurna karena hampir seluruh pemilih memutuskan untuk mencoblos Iwan.

Semula ada 10 calon ketua umum PSSI yang hadir, namun beberapa di antaranya memilih mundur jelang pemilihan. Salah satunya adalah La Nyalla Mattalitti yang mundur sejak pekan lalu.

Dengan perolehan suara itu, Iwan Bule dipastikan jadi anggota Polri pertama yang mampu menduduki kursi nomor satu federasi sepakbola tertinggi Tanah Air.

Baca Juga: Susunan Exco PSSI 2019-2023 Masih Dipenuhi Para Perangkap Jabatan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya