Jadi Menkominfo, Ini Rekam Jejak Johnny G Plate

Nama Johnny pernah disebut dalam kasus Panama Papers

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Johnny G Plate akhirnya resmi menjadi bagian Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Presiden Joko “Jokowi” Widodo melantik Johnny sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Lantas, bagaimana sepak terjang Johnny selama ini? Berikut ulasan profil Johnny yang telah dirangkum IDN Times dari berbagai sumber.

Baca Juga: Johnny G Plate Diskusi soal Data dengan Jokowi, Calon Menkominfo? 

1. Dari pengusaha menjadi politikus

Jadi Menkominfo, Ini Rekam Jejak Johnny G PlateIDN Times/Hana Adi Perdana

Johnny merupakan Anggota DPR-RI periode 2019-2024 dari Partai Nasdem mewakili Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur I. Pria kelahiran Ruteng, Flores, NTT itu merupakan seorang pengusaha dan memegang beberapa jabatan.

Pada awal 1980-an, ia memulai bisnisnya di bidang alat-alat kebutuhan perkebunan. Saat itu, juga sedang marak pembukaan perkebunan di Kalimantan dan Papua.

Johnny pernah menjabat sebagai Komisaris PT Air Asia (2005-2013), Komisaris Utama PT Aryan Indonesia (2007-2013), Direktur Utama PT Air Asia Investama (2012-2013). Johnny juga pernah menjadi bagian dari Group CEO Bima Palma Group (2005-2013), dan Komisaris PT PJB Power Service (2005-2013).

Johnny sendiri baru menjabat sebagai Sekjen Partai Nasdem pada September 2017 menggantikan Nining Indra Saleh. Nining sendiri saat itu masih sebagai Pelaksana Tugas (Plt), karena Sekjen sebelumnya, Rio Patrice Capella, terjerat kasus suap.

Di Partai Nasdem, tepatnya masa kerja 2014-2019, Johnny duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan.

2. Namanya pernah disebut dalam kasus Panama Papers

Jadi Menkominfo, Ini Rekam Jejak Johnny G PlateIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nama Johnny juga pernah disebut dalam kasus Panama Papers. Nama Johnny dihubungkan dengan perusahaan di British Virgin Islands.

Namun, Johnny menampik bahwa dirinya menggunakan jasa Mossack Fonseca untuk mendirikan perusahaan cangkang, guna menghindari tarif pajak yang tinggi di Indonesia. Johnny mengaku ia juga tak mengerti mengapa namanya disebut-sebut dalam dokumen Panama Papers.

3. Selalu mengunggah foto kelucuan cucu di akun instagramnya

Jadi Menkominfo, Ini Rekam Jejak Johnny G PlateScreenshot Instagram @johnnyplate

Dalam akun instagramnya @johnnyplate, dia selalu mengunggah foto-foto cucunya yang bernama Flemming. Flemming merupakan buah hati dari anak Johnny bernama Atich Plate dengan menantunya Rasmus Rasmussen.

Pada 9 Oktober 2019 lalu, baru dikaruniai satu cucu lagi bernama Cassius Rasmussen. Selamat ya, Pak Johnny!

Baca Juga: Johnny Plate Tepis Kabar bahwa NasDem Siap Jadi Oposisi Pemerintahan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya