Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Siagakan Kendaraan Patroli

80 persen kendaraan Polri siap beroperasi

Jakarta, IDN Times - Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono, memastikan pihaknya mengatakan mobil dan motor patroli siap diterjunkan untuk mengawal arus lalu lintas saat libur Natal dan tahun baru.

"Tadi sudah kami cek satu per satu kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan untuk patroli untuk penindakan, kemudian derek, termasuk ambulans. Semua kondisinya siap," katanya di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

1. 80 persen kendaraan Polri siap beroperasi

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Siagakan Kendaraan PatroliKakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Istiono menjelaskan, ada beberapa kendaraan yang masih memerlukan perawatan. Namun ia memastikan, semua kendaraan itu siap beroperasi.

"80 persen (kendaraan) sudah siap semua hanya hal- hal kecil saja perawatan kecil yang harus ditingkatkan lagi," jelasnya.

Istiono kemudian memaparkan jenis-jenis kendaraan tersebut. Di antaranya kendaraan roda dua yang digunakan untuk mengantisipasi kemacetan, dan memecah arus kebuntuan. Kemudian, kendaraan patroli roda empat yang utamanya akan digunakan di jalan tol.

"Tadi kondisi roda empat kebanyakan sudah oke semua ya. Kondisinya sehat semuanya gak ada yang rusak," ungkapnya.

2. Jumlah personel pengamanan yang diturunkan belum dapat dipastikan

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Siagakan Kendaraan PatroliKakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Ketika ditanyai awak media, berapa jumlah personel pengamanan yang akan dikerahkan, Istiono belum dapat memastikannya. Hal ini karena, pihaknya masih memfokuskan aspek keamanan kendaraan dari kepolisian.

"Personel itu nanti ya. Sekarang kita fokus ke sarana prasarana kami dulu. Kalau kekuatan personel, nanti kami gelar pada waktu gelar pasukan menjelang operasi," tutur Istiono.

3. Korlantas Polri akan gelar rapat dengan DPR terkait kesiapan Natal dan tahun baru

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Siagakan Kendaraan PatroliIDN Times/Helmi Shemi

Lebih lanjut, mantan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung itu mengatakan, akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan keamanan natal dan tahun baru.

"Besok, kita akan rapat dengan Komisi V (DPR) dan pemangku kepentingan, untuk membicarakan tentang kesiapan natal dan tahun baru," kata Istiono.

Baca Juga: Menhub: Liburan Natal dan Tahun Baru Tak Sepadat Lebaran

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya