Jurnalis Papua: Sulit Verifikasi Berita Jika Ada Kasus Libatkan Aparat

Wartawan yang meliput di Papua sering mendapat intimidasi

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Redaksi Suara Papua, Arnoldus Belau mengatakan, pihaknya sangat sulit jika ingin memverifikasi suatu isu kepada aparat. Dia menceritakan, Suara Papua sempat dituding oleh Kodam sebagai media yang tak pernah mengonfirmasi kepada aparat.

Arnoldus pun membantah tudingan tersebut, dan menyatakan selalu memverifikasi dan memberikan mereka ruang .

"Dalam beberapa kasus itu sulit sekali terutama ketika kita mau konfirmasi tentang kasus-kasus yang melibatkan aparat. Baik itu penembakan mau pun kekerasan ke masyarakat ataupun penyisiran yang menyebabkan korban di masyarakat," katanya dalam webinar bertajuk "Akses Informasi di Tanah Papua: Tantangan dan Harapan", yang digelar Katalogue BEM FISIP UI, Kamis (18/6) malam.

1. TNI-Polri selalu mengklaim bahwa yang ditembak adalah kombatan

Jurnalis Papua: Sulit Verifikasi Berita Jika Ada Kasus Libatkan AparatIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Arnoldus mencontohkan, ada anak berusia 13 Tahun di Intan Jaya yang ditembak oleh aparat TNI. Namun, TNI mengklaim, bahwa yang mereka tembak adalah kombatan.

Suara Papua lantas mengonfirmasi hal itu ke Kapolres, Kapolsek Intan Jaya, hingga Kapolda Papua. Namun, mereka semua sama sekali tak memberi pernyataan.

"Justru mereka mengeluarkan pernyataan dengan rilis bahwa yang mereka tembak itu kombatan. Nah, ini artinya upaya untuk melakukan verifikasi konfirmasi itu buat saya di Suara Papua yang melibatkan institusi TNI dan Polri, itu sulit sekali," jelasnya.

Baca Juga: Represi Informasi di Papua: Intimidasi Jurnalis hingga Blokir Internet

2. Wartawan yang meliput di Papua sering mendapat intimidasi dan kekerasan

Jurnalis Papua: Sulit Verifikasi Berita Jika Ada Kasus Libatkan AparatIDN Times/Sukma Shakti

Arnoldus mengatakan, wartawan yang meliput di Papua seringkali mendapatkan intimidasi dan kekerasan fisik. Yang terbaru, lanjutnya, 3 wartawan Papua diusir dari halaman dekat Kampus Universitas Cendrawasih di Abepura.

"Saat itu mereka mau meliput demonstrasi dari mahasiswa, lalu kemudian mereka diusir," kata Arnoldus.

3. Wartawan asli dan non-Papua mendapat perlakuan yang sama

Jurnalis Papua: Sulit Verifikasi Berita Jika Ada Kasus Libatkan AparatIlustrasi kerja jurnalistik. IDN Times/Arief Rahmat

Arnoldus melanjutkan, yang menariknya lagi, Kapolsek Abepura menyatakan bahwa ketiga wartawan itu bukanlah wartawan. Bahkan, dia menuding ketiganya ke hal-hal yang negatif.

"Jadi sampai hari ini, tidak hanya wartawan asli Papua, tapi juga wartawan-wartawan non-Papua dapat perlakuan yang sama. Ketika melakukan liputan berkaitan dengan hal-hal yang mungkin sensitif atau hal-hal tertentu, mendapat perlakuan yang sama," tuturnya.

Baca Juga: Jurnalis Papua: BIN dan TNI/Polri Mencederai Pernyataan Jokowi!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya