Jusuf Kalla Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama Kamis Besok

Jakob Oetama akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Jakarta, IDN Times - Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, mengembuskan napas terakhirnya di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (9/9/2020).  Corporate Communication Director Kompas Gramedia Rusdi Amral mengatakan, Jakob akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (10/9/2020).

"Pemakaman rencana sekitar jam 13.00-14.00 WIB dengan inspektur upacara adalah Bapak Jusuf Kalla," ucap Rusdi di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, hari ini.

Baca Juga: [BREAKING] Jakob Oetama, Pendiri Kompas Gramedia Group Meninggal Dunia

1. Bambang Soesatyo akan pimpin pelepasan jenazah

Jusuf Kalla Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama Kamis BesokKetua MPR Bambang Soesatyo (IDN Times/Santi Dewi)

Tak hanya itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga akan memimpin pelepasan jenazah Jakob Oetama dari tempat persemayamannya.

Jakob akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, sejak Rabu (9/9/2020) pukul 21.00 WIB hingga Kamis (10/9/2020) pukul 09.00 WIB. Sebelum disemayamkan, jenazah akan di bawa ke rumah duka di Jalan Sriwijaya No. 40 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sana, akan digelar ibadah misa selama beberapa jam.

"Besok pagi rencananya jenazah akan dilepas oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Karena beliau (Jakob) mendapatkan Bintang Mahaputra oleh negara tahun 1973," ucap Rusdi.

2. Jakob Oetama sudah dirawat sejak 22 Agustus

Jusuf Kalla Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama Kamis BesokJakob Oetama (Dok. Kompas Gramedia)

Sebelumnya, Direktur RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ronald Reagen mengatakan, Jakob Oetama sudah menjalani perawatan sejak 22 Agustus 2020.

"Saat 22 Agustus dirawat di kami pada saat awal masuk kritis dan lemah. Saat itu sudah perawatan maksimal. Selama perawatan sempat membaik, dengan berbagai faktor usia mungkin cukup sepuh akhirnya memang kondisi memburuk," kata Ronald Reagen seperti dilansir dari siaran Kompas Tv, hari ini.

Hal senada juga diungkapkan seorang dokter spesialis penyakit dalam di RS Mitra Keluarga, dr. Felix Prabowo Salim. Kesehatan jurnalis senior itu kian memburuk saat dirawat.

"(Jakob Oetama ada) Gangguan multi organ. Beliau mengalami perburukan. Sempat perbaikan, terjadi penurunan faktor usia dan kondisi yang memburuk," ucapnya.

Felix menegaskan, Jakob tidak terpapar virus corona atau COVID-19. "PCR swab dua kali dan hasilnya negatif," kata Felix.

3. Begini perjalanan hidup Jakob Oetama

Jusuf Kalla Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama Kamis BesokJakob Oetama (Dok. Kompas Gramedia)

Jakob Oetama adalah jurnalis senior dan tokoh pers nasional. Ia lahir pada 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah. Saat belia, cita-cita Jakob adalah menjadi guru seperti ayahnya. Ia sempat mengajar di SMP Mardi Yuwana Cipanas, Sekolah Guru Bagian B (SGB) Lenteng Agung Jagakarsa, dan SMP Van Lith Jakarta.

Jakob Oetama adalah lulusan Seminari Menengah St. Petrus Canisius Mertoyudan. Sambil mengajar SMP, ia mengikuti Kursus B-1 Ilmu Sejarah hingga lulus. Ia kemudian melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Publisistik Jakarta dan Jurusan Ilmu Komunikasi Massa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada hingga tahun 1961.

Jakob Oetama menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada pada 2003. Minatnya menulis tumbuh berkat belajar Ilmu Sejarah. Karier Jakob Oetama di dunia jurnalistik bermula dari pekerjaan barunya sebagai redaktur majalah Penabur Jakarta. Pada 1963, bersama rekan terbaiknya, almarhum Petrus Kanisius Ojong (P.K. Ojong), Jakob Oetama menerbitkan majalah Intisari yang menjadi cikal-bakal Kompas Gramedia.

Kepekaannya pada masalah manusia dan kemanusiaanlah yang kemudian menjadi spiritualitas Harian Kompas, yang terbit pertama kali pada 1965. Hingga lebih dari setengah abad kemudian, Kompas Gramedia berkembang menjadi bisnis multi-industri.

Baca Juga: Jakob Oetama Tutup Usia, akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya