Jusuf Kalla Kenang Dukungan Mendiang Ibunda Jokowi Saat Pilpres

Ibunda Jokowi dimakamkan besok siang di Solo

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Jusuf Kalla (JK) turut berbela sungkawa atas meninggalnya Ibunda Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Sujiatmi Notomiharjo. JK teringat, ketika masih mendampingi Jokowi, Notomiharjo selalu memberi dukungan kepada sang anak.

"Malah waktu awal kampanye saja beliau yang hadir untuk mendukung, mendoakan Jokowi walaupun tidak muncul di publik. Itu adalah seorang Ibunda yang luar biasa," ujarnya dalam siaran langsung Kompas Tv, Rabu (25/3).

1. Notomiharjo dekat dengan istri JK

Jusuf Kalla Kenang Dukungan Mendiang Ibunda Jokowi Saat PilpresSujiatmi Notomiharjo. IDN Times/ Larasati Rey

Notomiharjo kata JK, memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi. Hal itu dibuktikan dari kedekatan dengan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

"Beliau sangat dekat dengan istri saya. Ya itu doa ibu saya kira. Tapi bagaimana pun ini takdir Allah, kita mendoakan selalu husnul khotimah," katanya.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Minta Warga Untuk Tidak Melayat Ibunda Presiden Jokowi

2. JK tidak akan melayat ke Solo

Jusuf Kalla Kenang Dukungan Mendiang Ibunda Jokowi Saat PilpresIbunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. IDN Times / Larasati Rey

JK menuturkan, dirinya tidak akan datang ke Solo untuk melayat Notomiharjo. Hal ini karena, imbauan pemerintah untuk tetap di rumah guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Pak Jokowi walaupun dalam situasi dalam keadaan seperti ini, tapi tetap menjaga konsekuensi bahwa pemimpin harus menjaga masyarakat juga secara keseluruhan. Bahwa doa dapat dipanjatkan di mana saja," ujarnya.

3. Ibunda Jokowi dimakamkan besok siang

Jusuf Kalla Kenang Dukungan Mendiang Ibunda Jokowi Saat PilpresPresiden Jokowi umumkan kabar kematian sang Ibu. IDN Times / Larasati Rey

Menyoal pemakaman Ibundanya, Jokowi mengatakan bahwa akan dilakukan Kamis (24/3) besok siang.

"Rencana pemakaman InsyaAllah besok jam 1 siang. Di pemakaman di Mundu Selokaton Gondangrejo Karanganyar," kata Jokowi di rumah duka.

Menurut dia, sang Ibunda telah mengidap kanker selama 4 tahun.

"Tadi sore pada jam 16.45 WIB, berpulang ke hadirat Allah SWT, ibunda kami, Ibu Sujiatmi Notomiharjo yang saya tahu bahwa Ibu ini sudah 4 tahun mengidap sakit yaitu kanker," ujar dia.

Jokowi mengatakan, sang Ibunda sudah pernah berobat ke RSPAD Gatot Soebroto. Namun, kata dia, takdir memang sudah berkehendak demikian.

"Tetapi memang Allah sudah menghendaki. Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan husnul khotimah. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terima kasih," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Jajaran Tak Layat Ibunya, Wapres: Sikap yang Luar Biasa

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya