Kadin DKI Sumbang Bantuan untuk Tenaga Medis yang Tangani COVID-19

500 tenaga medis Jakarta ditampung di dua hotel

Jakarta, IDN Times - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta bersama komunitas Ganesha Maju Bersama ITB (GMB-ITB), menyumbangkan bantuan logistik kepada tenaga medis yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Jakarta. Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan, hal itu dilakukan untuk meringankan beban dari Pemprov DKI.

"Ada pun hari ini saya membawa hand sanitizer 200 galon dengan sarung tangan karet 750 pasang, beras 2,5 ton, terigu 500 pack, minyak goreng 500 pack, dan bilik sterilisasi 12 unit," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/3).

1. Kadin DKI harap pemerintah adil dengan UMKM

Kadin DKI Sumbang Bantuan untuk Tenaga Medis yang Tangani COVID-19Foto hanya ilustrasi APD. (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Diana mengatakan, akibat imbauan physical distancing banyak UMKM yang mengalami penurunan pendapatan. Diana berharap, ada keadilan yang diberikan Pemerintah kepada mereka.

"Cuma usulan saya bahwa satu, semua stimulus yang diberikan pemerintah harus berkeadilan. Karena perusahaan kan banyak, tidak satu macam bidang, itu sifatnya heterogen. Kemudian yang kedua, selain berkeadilan juga sesuai dengan kepentingan dari semua teman-teman," jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Pemprov DKI Prioritaskan Rapid Test untuk Tenaga Medis

2. Pemprov harap bantuan dapat bermanfaat bagi tenaga medis

Kadin DKI Sumbang Bantuan untuk Tenaga Medis yang Tangani COVID-19Ilustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan yang telah diberikan. Dia berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para tenaga medis.

"Ini betul-betul seperti yang disampaikan Gubernur (Anies) bahwa semua permasalahan di Jakarta tidak bisa kita selesaikan oleh Pemerintah Daerah saja. Kolaborasi menjadi kata kunci. Jakarta 4.0 itu adalah kuncinya," ujar Haryati.

3. 500 tenaga medis Jakarta ditampung di dua hotel

Kadin DKI Sumbang Bantuan untuk Tenaga Medis yang Tangani COVID-19Ilustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) Novita Dewi mengatakan, ada 500 tenaga medis yang akan ditampung di dua hotel di antaranya hotel Grand Cempaka Business dan Hotel D'Arcici Al-Hijra di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Akhirnya kami bagi dua hotel karena Grand Cempaka Business sudah tidak bisa memenuhi. Grand Cempaka ada 343 tenaga medis, 28 di antaranya dokter. Al-Hijra ada 157 tenaga medis," katanya.

Pihaknya kini berencana menambah satu unit hotel lainnya yakni, Hotel Arsisi Pelumpang, Jakarta Utara.

"(Untuk tenaga medis) yang akan melayani lagi di RSUD Koja dan RSUD Duren Sawit," katanya.

4. Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 1.046

Kadin DKI Sumbang Bantuan untuk Tenaga Medis yang Tangani COVID-19Juru Bicara Pemerintah COVID-19, Achmad Yurianto. Dok BNPB

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan bahwa kasus positif virus corona di Indonesia semakin bertambah. Ia menyampaikan, jumlah kasus positif virus corona mencapai 1046 kasus.

"Ada 153 kasus baru yang kita dapatkan. Ini menggambarkan masih ada penularan dan masih ada kontak dekat. Jadi total 1046," kata Yuri dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel BNPB Indonesia, Jumat (27/3).

Jumlah tersebut meningkat sebanyak 153, dari jumlah kasus sebelumnya yaitu 893 kasus. Yuri menyebut bahwa angka tersebut terhitung sejak 26 Maret 2020 pukul 12.00 WIB hingga 27 Maret 2020 pukul 12.00 WIB.

Selain itu, jumlah kasus meninggal menjadi 87 orang yang sebelumnya berjumlah 78 orang. Sedangkan yang sembuh, meningkat 11 orang yang sebelumnya 35 orang menjadi 46 orang.

Baca Juga: Kasus Positif Virus Corona Capai 1.046, Jakarta Masih yang Terbanyak!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya