Kamu Kreatif? Yuk Ikutan Lomba Film Pendek Anti-Korupsi ACFFest 2020

Saatnya uji kemampuanmu guys!

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyelenggarakan Anti-corruption Film Festival (ACFFest). Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding mengatakan, melalui ajang kompetisi film pendek dan vlog serta ide cerita film pendek fiksi berdurasi antara 10-15 menit, lembaga antikorupsi mengajak anak muda kreatif dan kritis lewat medium film.

"Ada dua kategori yang dikompetisikan pada ACFFest 2020. Pertama, kompetisi film pendek dan vlog," kata Ipi dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

1. Ada empat jenis kompetisi dalam film pendek

Kamu Kreatif? Yuk Ikutan Lomba Film Pendek Anti-Korupsi ACFFest 2020Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ipi menyebutkan ada empat jenis kompetisi film pendek yang dapat diikuti. Di antaranya film pendek fiksi komedi dengan durasi maksimal 15 menit, film pendek dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit, film pendek animasi dengan durasi maksimal lima menit, dan vlog antikorupsi dengan durasi maksimal lima menit.

"Kompetisi film pendek ini terbuka untuk umum dan pendaftaran dibuka mulai 19 Agustus hingga 15 November 2020," kata dia.

Sedangkan, kategori kedua adalah lomba ide cerita film pendek fiksi berdurasi 10-15 menit. Sebanyak 10 proposal ide cerita terpilih akan mendapat bantuan dana produksi Rp25 juta, dan berhak mengikuti _Movie Camp Online_ , serta mendapat pendampingan teknis dari mentor lokal.

"Kompetisi ide cerita film pendek dibuka mulai 19 Agustus hingga 15 September 2020. Pembuat film yang ide ceritanya terpilih akan diberikan waktu untuk produksi film selama dua bulan pada Oktober hingga November 2020," kata Ipi.

Baca Juga: KPK Identifikasi 4 Titik Rawan Korupsi COVID-19, Apa Saja?

2. Harus mengangkat tema anti-korupsi

Kamu Kreatif? Yuk Ikutan Lomba Film Pendek Anti-Korupsi ACFFest 2020Ilustrasi Bekerja Redaksi News (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Ipi menjelaskan, film-film yang telah selesai diproduksi dan diberikan penilaian, akan diputar pada Malam Penganugerahan ACFFest 2020 di Jakarta pada Desember 2020. Baik kategori film pendek fiksi, maupun proposal ide film pendek, keduanya harus mengangkat tema anti-korupsi.

"Dengan memuat nilai-nilai integritas, seperti kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhaan, kemandirian, keberanian dan keadilan," ujar dia.

3. ACFFest 2020 merupakan ajang yang keenam

Kamu Kreatif? Yuk Ikutan Lomba Film Pendek Anti-Korupsi ACFFest 2020Ilustrasi gedung KPK (IDN Times/Vanny El Rahman)

Ipi mengungkapkan, ACFFest 2020 merupakan ajang yang ke-6 sejak diselenggarakan pertama kali pada 2013. Penyelenggaraan ACFFest menjadi medium kampanye KPK, untuk mendorong masyarakat mengaplikasikan nilai-nilai integritas di dalam kehidupan bermasyarakat.

"Visualisasi dalam bentuk film diharapkan dapat lebih menggugah masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam upaya pencegahan korupsi. Informasi lengkap pendaftaran dapat diakses melalui tautan acch.kpk.go.id/id/acffest2020 atau ikuti akun Instagram @acffest.kpk," tutur dia.

Lebih lanjut, ACFFest 2020 akan diluncurkan secara resmi oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron secara daring, dan dilanjutkan dengan dialog yang disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube KPK.

Acara ini juga akan dihadiri dua sutradara kondang, Garin Nugroho dan Naya Anindita, serta Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan pada Rabu, 19 Agustus 2020 pukul 14.00 WIB.

"Mengangkat tema Kreasi di Tengah Pandemi, KPK berharap kehadiran ACFFest 2020 dapat memberikan semangat bagi anak-anak muda untuk tetap berkarya, kreatif, peduli, serta kritis dalam mengampanyekan gerakan anti korupsi khususnya di tengah situasi pandemi," kata Ipi.

Baca Juga: Percepat Alih Status Pegawai KPK Jadi ASN, KASN Sambangi KPK

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya