Comscore Tracker

Kementerian ESDM Bagi-bagi Lampu Tenaga Surya di 3 Kabupaten di Papua

LTSHE untuk desa yang belum terjangkau aliran listrik PLN

Jayapura, IDN Times - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahkan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke tiga kabupaten/kota di Provinsi Papua, Selasa (12/3) lalu. 

Penyerahan lampu ini dalam rangka memberikan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang belum menikmati aliran listrik.

Sejak mengenal LTSHE, masyarakat Kabupaten Nduga, Mappi, dan Intan Jaya Papua kini dapat menikmati terang di malam hari. IDN Times mendapat kesempatan untuk mengikuti perjalanan Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam penyerahan LTSHE tersebut di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

Baca Juga: Belum Teraliri Listrik, 3 Kabupaten di Papua Dipasok Lampu Surya

1. Menggunakan pesawat kecil menuju Kabupaten Mappi

Kementerian ESDM Bagi-bagi Lampu Tenaga Surya di 3 Kabupaten di PapuaDirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Bersama jajarannya berfoto di depan pesawat Susi Air berjenis Cessna 208B Grand Caravan (IDN Times/Axel Jo Harianja)

IDN Times bersama Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana beserta jajarannya harus menempuh waktu lama agar bisa sampai di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

Kami terlebih dahulu memulai keberangkatan dari Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang pada Senin (11/3) sekitar pukul 22.15 WIB dan transit di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar pada Selasa (12/3) sekitar pukul 02.00 WITA.

Berikutnya, kami melanjutkan perjalanan lagi dan tiba di Bandar Udara Mopah Merauke, Papua sekitar pukul 05.51 WIT.

Untuk menuju Kabupaten Mappi, kami harus kembali melanjutkan penerbangan dengan menggunakan pesawat kecil Cessna dari Bandar Udara Merauke yang memakan waktu sekitar 1 jam.

2. Tarian selamat datang saat tiba di Mappi

Kementerian ESDM Bagi-bagi Lampu Tenaga Surya di 3 Kabupaten di PapuaDirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana disambut dengan tarian selamat datang khas Papua (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Tiba di Bandar Udara Kabupaten Mappi, Rida beserta jajarannya disambut oleh jajaran pemerintah daerah setempat.

Kedatangan rombongan juga disambut dengan tarian selamat datang khas Papua, serta diberikan penghargaan berupa mahkota simbolis khas Papua.

3. Disambut Bupati Kabupaten Mappi

Kementerian ESDM Bagi-bagi Lampu Tenaga Surya di 3 Kabupaten di PapuaBupati Kabupaten Mappi Kristosimus Agawemu (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Kedatangan Rida disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Agawemu. Ia juga memberikan beberapa pernyataan terkait upaya pemerintahan Indonesia, melalui Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, yang membantu masyarakat Papua di wilayah 3 T dengan menyerahkan LTSHE.

Dari Bandar udara Kabupaten Mappi, kami kemudian bergerak menuju Aula Kantor Bupati Mappi untuk menjalankan acara penyerahan LTSHE. Di tempat itu, Rida berkesempatan memberikan sambutan dan menyinggung soal program LTSHE yang dicanangkan oleh Kementerian ESDM .

4. Kristosimus apresiasi program pemerintah memberikan LTSHE

Kementerian ESDM Bagi-bagi Lampu Tenaga Surya di 3 Kabupaten di PapuaDirektur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dalam sambutannya, Kristosimus memberi apresiasi atas langkah pemerintah Indonesia yang telah memperhatikan masyarakat Papua yang masih jauh dari jangkauan PLN, dengan memberikan bantuan berupa LTSHE.

Acara itu diakhiri dengan penyerahan LTSHE secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Papua Kabupaten Mappi, Nduga, dan Intan Jaya.

Baca Juga: Kawal Proyek Infrastruktur, 600 Prajurit TNI Tiba di Papua Hari Ini

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Sunariyah

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 07:30:04

Progress: 759.353 dari 813.350 TPS (93.36116%)

Just For You