Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 Saksi

Polisi menemukan mesin ATM di dalam apartemen RP

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, polisi telah memeriksa 10 orang saksi terkait kasus dugaan pembobolan ATM yang melibatkan, tersangka bernama Ramyadjie Priambodo (RP). RP diketahui merupakan kerabat jauh dari calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.
 
"Sebanyak 10 saksi sudah kita periksa. Kita sedang pemberkasan penyelesaian berkas perkara," ujarnya kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa(19/3).

1. Polisi belum menyelidiki adanya dugaan aliran dana dari kasus itu

Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 SaksiIDN Times/Sukma Shakti

Argo menjelaskan, hingga saat ini, polisi belum menyelidiki adanya dugaan aliran dana ke sejumlah pihak atas kasus tersebut. Pihaknya kini masih fokus melakukan penyelidikan seputar tindakan pidana kasus itu.

"Kita belum sampai ke sana ya (aliran dana)," ujar Argo.

Baca Juga: Kerabat Prabowo Diduga Bobol ATM dengan Menyamar Jadi Wanita

2. Polisi sita mesin ATM di kediaman RP

Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 SaksiIDN Times/Axel Jo Harianja

Argo sebelumnya mengatakan, pihaknya turut menyita sejumlah barang bukti terkait kasus pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) dari tersangka Ramyadjie Priambodo (RP). Salah satu barang bukti yang ditemukan adalah mesin automatic teller machine (ATM) di kediamannya.

"Ada mesin ATM di kamarnya, itu ada satu kita sita juga," jelas Argo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/3).

Saat ini, lanjut Argo polisi masih mendalami bagaimana RP mendapatkan mesin ATM itu. Polisi juga akan meminta keterangan dari pihak bank terkait mesin ATM tersebut.

"Informasi sedang dipelajari sistem mekanisme ATM itu seperti apa," tuturnya.

Argo menambahkan, saat ditemukan mesin ATM tersebut dalam kondisi offline.

3. RP menyamar sebagai wanita saat membobol ATM

Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 SaksiIDN Times/Irfan Fathurohman

Argo juga menjelasksn, RP yang membobol ATM sejak tahun 2018 yang lalu itu melakukan aksi kejahatannya dengan menyamar sebagai perempuan dengan menggunakan hijab.

"Dia gunakan itu seperti hijab ada tutupnya itu seperti perempuan. Sehingga kalau dilihat dari CCTV itu seperti perempuan," ujar Argo.

Argo menjelaskan, polisi mengetahui penyamaran itu dari rekaman CCTV di salah satu ATM di kawasan Jakarta dan Tangerang Selatan. RP kala itu memakai kerudung serta masker untuk menutupi wajahnya.

"Ada (barang bukti) masker juga ada, ada kerudung seperti hijab saat dia gunakan saat dia mengambil ATM di bilangan Jakarta di daerah Tangsel dan Jaksel," jelas Argo.

Barang bukti itu dikatakan Argo telah disita oleh pihak kepolisian yang ditemukan di rumahnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Kerabat Prabowo Ditangkap, Polisi Sita Mesin ATM di Kediamannya

4. RP ditangkap karena membobol ATM

Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 SaksiIDN Times/Axel Jo Harianja

Argo menuturkan, polisi menangkap RP di sebuah apartemen di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat pada 26 Februari 2019. Penangkapan itu dilakukan setelah pihaknya menyelidiki laporan dari pihak bank yang menjadi korban pembobolan rekening.

RP dikatakan Argo melakukan aksinya dengan cara menggandakan data kartu ATM nasabah dengan kartu ATM palsu atau disebut skimming.

"Kita juga dapatkan satu kartu ATM dari salah satu bank nasional, satu lagi juga dari bank nasional, jadi ada dua kartu ATM. Kita juga dapatkan laptop dan dua kartu putih, itu kartu yang sudah ada isi datanya, maksudnya data-data pemilik rekening bank, kemudian ada HP," tutur Argo.

Atas aksi RP itu, pihak Bank BCA mengalami kerugian hingga Rp300 juta. Hingga saat ini Argo mengaku, kepolisian masih terus mendalami kasus tersebut.

5. RP adalah kerabat jauh dari Prabowo Subianto

Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 SaksiJubir BPN Andre Rosiade (IDN Times/Axel Jo Harianja)

RP sempat disebut sebagai keponakan calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto. Terkait hal itu, pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menepis kabar tersebut.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Andre Rosiade mengatakan, RP bukanlah keponakan dari Prabowo.

"Yang jelas dia (RP) bukan keponakan pak Prabowo. tapi kerabat jauh," ujar Andre kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) kemarin.

"Kalau keponakan Pak Prabowo pasti ada Djojohadikusumo. Ini tidak dan dia kerabat jauh," imbuhnya.

Andre juga menegaskan, ditangkapnya RP tidak ada kaitannya dengan pemilihan presiden (pilpres). Ia pun menyerahkan kasus itu kepada kepolisian.

"Ini jelas murni penegakan hukum tidak ada urusan dan sangkut pautnya dengan Pilpres.
Tidak ada urusan dengan BPN dan Prabowo. Silakan polisi memprosesnya.

Lebih lanjut, Andre menjelaskan, pihaknya akan menuntut pihak-pihak yang berupaya melakukan kampanye hitam kepada capresnya itu.

"Kami akan tuntut laporkan link-link yang coba kampanye hitam yang menyangkutkan yang bersangkutan dengan pak Hashim, BPN, Pak Prabowo dan Gerindra," tegas dia.

6. RP merupakan direktur perusahaan swasta

Kerabat Prabowo Bobol ATM, Polisi Periksa 10 SaksiKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono (Axel Jo Harianja/IDN Times)

RP diketahui merupakan salah satu pengurus di Tunas Indonesia Raya (Tidar) yang merupakan organisasi sayap pemuda Partai Gerindra. RP menjabat sebagai bendahara.

Berdasarkan hasil penelusuran IDN Times, RP diketahui menjabat sebagai direktur perusahaan minyak dan gas Asiabumi Petroleo.

Ia juga merupakan lulusan University of New South Wales (UNSW), Australia dengan menyandang gelar Bachelor of Commerce (BCom) denga konsentrasi perbankan, perusahaan, dan keuangan.

Baca Juga: Tersangka Skimming Disebut Keponakan Prabowo, BPN: Dia Kerabat Jauh

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya