Kerusuhan di Deiyai Papua, Polisi Tetapkan 10 Tersangka

Polisi selidiki keterkaitan kematian prajurit TNI

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Kepolisian Daerah (Polda) Papua dan Polres setempat telah menetapkan tersangka terkait kerusuhan di Deiyai, Papua.

"Sudah menetapkan 10 tersangka terkait kerusuhan di sana (Deiyai)," kata dia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/9).

Baca Juga: Cabut Blokir Internet di Papua, Wiranto Koordinasi dengan BIN

1. Para tersangka dijerat beberapa pasal

Kerusuhan di Deiyai Papua, Polisi Tetapkan 10 TersangkaANTARA FOTO/Toyiban

Sepuluh tersangka itu disangkakan dengan beberapa pasal. Di antaranya Pasal 170 KUHP tentang perusakan fasilitas publik, Pasal 1 Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951, tentang perampasan amunisi dan senjata api, dan Pasal 212 KUHP tentang melawan petugas.

Namun, Dedi tak menjelaskan secara detail berapa jumlah tersangka yang dijerat pasal-pasal tersebut.

2. Polisi mendalami keterkaitan tersangka dengan kematian Serda Rikson

Kerusuhan di Deiyai Papua, Polisi Tetapkan 10 TersangkaANTARA FOTO/Toyiban/Pras.

Dedi mengatakan kepolisian masih mendalami apakah 10 tersangka itu ada kaitan dengan kematian Serda Rikson.

"Nanti didalami, itu baru penetapan tersangka. Nanti akan dikembangkan menyangkut secara spesifik peran (tersangka) masing-masing," kata Dedi.

Perlu diketahui, demonstrasi yang berujung rusuh di Deiyai, Papua, Rabu (28/8) lalu sempat beredar kabar enam orang tewas. Namun, Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja memastikan hanya tiga orang yang meninggal dunia.

"Tidak benar laporan tentang enam warga sipil yang tewas dan terluka dalam insiden tersebut. Yang pasti tiga orang meninggal dalam insiden tersebut yakni dua warga sipil dan anggota TNI AD meninggal," kata Rodja seperti dilansir Antara.

Rodja menjelaskan massa mengambil 10 senjata api jenis SS 1 dan magasin yang berisi peluru. Mereka juga membunuh anggota TNI Serda Rikson Adi Candra, dengan menggunakan parang dan anak panah.

3. Ada 48 orang jadi tersangka kasus kerusuhan di Papua

Kerusuhan di Deiyai Papua, Polisi Tetapkan 10 TersangkaIDN Times/istimewa

Dedi merincikan, tersangka kerusuhan di Papua secara keseluruhan terbagi di beberapa wilayah. Di antaranya, 28 orang di Jayapura, 10 orang di Timika, dan 10 orang di Deiyai.

"Total tersangka di Papua menjadi 48 orang," terang dia.

Sedangkan di Papua Barat, ada 24 orang menjadi tersangka. Di antaranya tujuh tersangka dari Sorong, delapan tersangka di Manokwari, dan sembilan tersangka di Fakfak.

Mereka semua saat ini masih dalam tahap pemeriksaan, lantaran diduga melakukan perusakan, pembakaran, penganiayaan, penghasutan maupun makar.

Baca Juga: Wiranto Bantah Minta Bantuan Amerika untuk Selesaikan Masalah Papua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya