Ketua Hingga Staf KPU Situbondo Positif COVID-19, Total Ada 9 Orang

Tugas KPU Situbondo diambil alih KPU Jatim

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo Marwoto dan dua anggota KPU Situbondo dinyatakan positif terpapar COVID-19. Karena itu, dia menyebut, tugas-tugasnya dalam pelaksanaan Pilkada 2020 akan diambil alih KPU Provinsi Jawa Timur.

"Tugas-tugas kami akan diambil alih sementara oleh KPU Provinsi Jatim, karena saya dan dua anggota KPU lainnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Marwoto seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (5/12/2020).

1. Marwoto masih menunggu hasil tes usap kedua

Ketua Hingga Staf KPU Situbondo Positif COVID-19, Total Ada 9 OrangIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Fauzan)

Meski begitu, keputusan akhir pengambil alihan tugas-tugasnya masih menunggu hasil tes usap yang kedua. Hasilnya, akan diketahui pada Senin (7/12/2020).

Jika hasil tes usap kedua tetap menunjukkan positif, maka KPU Provinsi Jatim akan langsung mengambil alih tugas-tugasnya, serta anggota KPU Kabupaten Situbondo yang saat ini dinyatakan terpapar COVID-19.

2. Sebanyak 95 persen logistik pilkada sudah siap didistribusikan

Ketua Hingga Staf KPU Situbondo Positif COVID-19, Total Ada 9 OrangIlustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Marwoto menjelaskan ada tiga anggota KPU Kabupaten Situbondo yang dinyatakan positif COVID-19 dan menjalani isolasi di gedung observasi Pasir Putih. Dia menegaskan, salah satu anggota KPU Provinsi Jatim sudah memeriksa kesiapan logistik pilkada yang akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

"Jadi, beliau (anggota KPU Provinsi Jatim) sudah di Situbondo cek kesiapan logistik, sistem informasi penghitungan suara (situng) dan sistem informasi rekapitulasi suara (sirekap). Artinya, sejauh mana tugas yang sudah saya kerjakan, insyaallah, sudah 95 persen dan besok logistik sudah didistribusikan," kata dia.

3. Sembilan dari 45 orang di lingkungan KPU Situbondo positif COVID-19

Ketua Hingga Staf KPU Situbondo Positif COVID-19, Total Ada 9 OrangIlustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Marwoto menuturkan, sebanyak 45 orang di lingkungan KPU Kabupaten Situbondo telah menjalani tes usap beberapa hari lalu. Sembilan orang di antaranya, dinyatakan positif COVID-19.

"Dari sembilan orang yang positif, tiga orang di antaranya anggota KPU dan enam orang lainnya staf sekretariat KPU. Sampai hari ini ada tujuh orang berada di tempat karantina, dua orang lainnya isolasi mandiri, semuanya sehat," tutur dia.

Baca Juga: 3 Anggota KPU Kepri Positif COVID-19, Debat Pilkada Ditunda

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya