Comscore Tracker

Ketua Komisi III DPR Sebut Keluarga Calon Kapolri Idham Azis Panutan

Komisi III DPR menanyakan hal-hal pribadi Idham Azis

Jakarta, IDN Times - Pimpinan dan anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, menyambangi kediaman calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Komjen Pol Idham Azis, Rabu pagi ini. Pertemuan dilaksanakan pukul 09.25 WIB hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

"Berbagai pertanyaan sudah kita sampaikan bahkan masukan kami berikan. Hal-hal yang kami tanyakan dan kami beri masukan adalah sebagian besar mengenai kehidupan pribadi," kata Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, di kediaman Idham, Jalan Panglima Polim III, Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Baca Juga: Sambangi Kediaman Idham Azis, Ini yang Didalami Komisi III DPR RI

1. Alasan Komisi III DPR menanyakan hal-hal pribadi Idham Azis

Ketua Komisi III DPR Sebut Keluarga Calon Kapolri Idham Azis PanutanKomisi III DPR RI Sambangi Kediaman Idham Azis (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dalam kesempatan itu, Herman menjelaskan alasan pihaknya menanyakan hal-hal pribadi dari keluarga Idham. Menurutnya, hal itu sudah menjadi tradisi dari fit and proper test calon Kapolri.

"Contoh hal pribadi misalnya kehidupan dengan keluarga, istri Beliau yang mana, putra putrinya yang mana, semua itu pingin kita kenal," jelas Herman.

"Yang kedua, bagaimana cara mendidik anak dan keluarga, kehidupan suami istri dalam menghandle misalnya tugas-tugas Beliau sebagai kapolri nantinya, apa peran istri, apakah istri ikut campur terlalu jauh, ini hal-hal sensitif yang ingin kami tanyakan tadi," sambungnya.

2. Keluarga Idham dinilai bisa menjadi panutan

Ketua Komisi III DPR Sebut Keluarga Calon Kapolri Idham Azis PanutanKomisi III DPR RI Sambangi Kediaman Idham Azis (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Usai wawancara, Komisi III DPR menyimpulkan bahwa keluarga Idham merupakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah. Keluarga Idham juga patut dijadikan contoh bagi seluruh anggota Korps Bhayangkara.

"Kami berkesimpulan bahwa keluarga ini bisa jadi panutan. Yang mana, jika selesai nanti dipilih kadi Kapolri, bapak dan ibu ini bisa jadi bapak ibu seluruh anggota Polri di seluruh Indonesia," ungkap Herman.

Komisi III DPR, kata Herman, juga meyakini Idham bakal menjalankan tugas dengan baik saat menjadi Kapolri. Mereka juga puas dengan jawaban-jawaban yang diberikan Idham.

"Kami berharap, semoga Allah selalu melindungi keluarga ini dan diizinkan sebagai Kapolri nanti. Jam 14.00 WIB siang kami akan lakukan fit and proper test," ujar Herman.

3. Idham siap menjalankan tugas jadi Kapolri

Ketua Komisi III DPR Sebut Keluarga Calon Kapolri Idham Azis PanutanKomisi III DPR RI Sambangi Kediaman Idham Azis (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sementara itu, Idham menuturkan, siap menjalankan tugas sebagai Kapolri. Ia pun memohon doa restu agar proses fit and proper test dapat berjalan dengan lancar.

"Saya tidak bisa memberi komentar yang banyak dulu, kecuali saya memohon doa restu teman-teman semua, seluruh masyarakat Indonesia. Semoga fit and proper test saya bisa berjalan mulus bisa diridhoi oleh Allah SWT," tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Baca Juga: DPR Bacakan Surpres, Idham Azis Jalani Uji Kepatutan Kapolri Pekan Ini

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya