Comscore Tracker

Ketua KPK Terpilih Irjen Firli Dilantik Jadi Kabaharkam Polri 

Firli enggan komentar soal pelantikannya jadi ketua KPK

Jakarta, IDN Times - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis, hari ini melantik sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri di Gedung Bareskrim Mabes Polri.

Salah satu yang akan dilantik adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Firli Bahuri, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Baca Juga: Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK, Firli Dapat Promosi Lagi di Polri

1. Firli dinilai punya performa bagus sehingga tepat jadi Kabaharkam

Ketua KPK Terpilih Irjen Firli Dilantik Jadi Kabaharkam Polri Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Muhammad Iqbal mengatakan, Firli sangat berprestasi sejak menjadi taruna Angkatan Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Ia mencontohkan, saat Firli menjadi Komandan Resimen Korps Taruna dari tingkat I-IV, ada 1.000 lebih taruna yang diatur.

"Sudah terlihat kepemimpinan dan kecerdasan beliau. Terakhir itu ajudan. Karena tidak semua perwira dipilih sebagai ajudan presiden dan wapres. Karena itu sangat ketat, mempunyai performa yang bagus, kredibiltas, punya moral yang bagus," kata Iqbal di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Menurut Iqbal, sudah tepat Idham Azis mengangkat Firli menjadi Kabaharkam. Selain itu, ungkap Iqbal, Firli sebentar lagi akan naik pangkat menjadi komisaris jenderal (Komjen).

''(Mutasi Firli) Ini mekanisme Wanjak (Dewan Jabatan Karier). Tapi prinsipnya, performa kerja, kredibilitas dan ini melalui Wanjak," ungkap Iqbal.

2. Firli enggan komentar soal pelantikannya jadi ketua KPK

Ketua KPK Terpilih Irjen Firli Dilantik Jadi Kabaharkam Polri Kabaharkam Polri, Irjen Pol Firli Bahuri (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Pada Desember mendatang, Firli rencananya akan dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Menanggapi hal itu, Firli menegaskan, dia masih fokus pada tugasnya di Kabaharkam.

"Saya belum bisa bicara kalau soal KPK, karena hari ini saya masih Kabaharkam. Kita fokus dulu kepada Kabaharkam," kata Firli usai pelantikan.

Soal singkatnya waktu menjadi Kabaharkam, Firli menilai, pekerjaan tidak bisa hanya dilihat dengan waktu. "Tetapi, bagaimana kita melakukan sesuatu melalui proses dan hasil," ungkapnya.

3. Ini tantangan Firli sebagai Kabaharkam

Ketua KPK Terpilih Irjen Firli Dilantik Jadi Kabaharkam Polri ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Mantan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) itu menjelaskan, sebagai Kabaharkam, banyak tantangan yang akan dihadapi. Pertama, pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kedua, beberapa agenda nasional 270 pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Yang ketiga, Indonesia negara besar negara kepulauan. Tentu Baharkam harus membuat kebijakan bagaimana bisa mengamankan wilayah yang luasnya 17 ribu pulau itu," jelas Firli.

Firli melanjutkan, pihaknya sudah memetakan daerah mana saja yang rawan terkait pilkada. Namun, ia enggan membeberkannya.

"Setiap pilkada ada kerawanan mulai dari logistik, kampanye, pemungutan suara, penetapan suara, tahap siapa yang terpilih atau tidak, sampai tahap mungkin ada mengajukan gugatan di MK (Mahkamah Konstitusi)," jelasnya.

4. Idham Azis lantik tujuh perwira tinggi Polri hari ini

Ketua KPK Terpilih Irjen Firli Dilantik Jadi Kabaharkam Polri Pelantikan Pati Polri Di Bareskrim Mabes Polri (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Selain Firli, ada enam perwira tinggi Polri lainnya yang juga dilantik. Di antaranya, Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Condro Kirono yang kini menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Untuk posisi Kapolda Sumsel yang ditinggalkan Firli, akan dijabat oleh Irjen Pol. Priyo Widyanto.

Priyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim), akan digantikan oleh Irjen Pol. Muktiono. Sementara itu, Irjen Pol Refdi Andri yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorlantas Polri, dimutasi sebagai Koorsahli Kapolri.

Kakorlantos Polri kini dijabat oleh Birgadir Jenderal (Brigjen) Pol. Istiono yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung. Kapolda Bangka Belitung, kini dijabat oleh Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat.

Untuk diketahui, rotasi jabatan Korps Bhayangkara itu juga telah tertulis dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/3020/XI/KEP/2019.

Baca Juga: Gaji Dobel, Sebulan Firli Bahuri Dapat Bayaran Minimal Rp97 Juta

Topic:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Just For You