Comscore Tracker

KKB Tembak Karyawan Freeport, Kapolda: Mereka Sudah Paham Wilayah Ini

Satu WNA tewas ditembak KKB

Jakarta, IDN Times - Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw meninjau lokasi penembakan terhadap tiga karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kantor Office Bulding (OB) Kuala Kencana, Timika, Papua.

Setiba di Kantor OB PTFI Kuala Kencana, Kapolda bersama rombongan langsung melihat beberapa titik yang menjadi sasaran penembakan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Perkiraan kami, lokasi ini memang sudah mereka (KKB) gambarkan secara detil. Sepertinya mereka sudah sangat paham dengan wilayah ini dan sepertinya mereka sudah tahu arahnya untuk melakukan upaya efektif kepada siapa-siapa," kata Waterpauw seperti dikutip dari Antara, Selasa (31/3).

1. Satu WNA tewas ditembak KKB

KKB Tembak Karyawan Freeport, Kapolda: Mereka Sudah Paham Wilayah IniIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, peristiwa penembakan terjadi pada pukul 13.50 WIT, Senin (30/3). Pada pukul 14.00 WIT, personel gabungan TNI-Polri tiba di lokasi kejadian untuk mengejar teduga pelaku penembakan.

Atas kejadian tersebut satu orang karyawan yang merupakan warga negara asing (WNA) asal Selandia Baru meninggal dunia karena luka tembak.

"Atas nama Graeme Thomas Wall (57) meninggal dunia dan dua orang lainnya mengalami luka tembak," ujar Kamal dalam keterangan tertulis.

Dua korban lainnya yang bernama Jibril MA Bahar (49) mengalami luka tembak di perut bagian kanan dan paha kanan. Sedangkan korban bernama Ucok Simanungkalit (52), mengalami luka tembak di siku kanan dan punggung belakang.

"Saat ini personel gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Joni Botak," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Warga dari 4 Kampung Dievakuasi ke Timika Akibat Teror KKB

2. WNA Selandia Baru sudah bekerja di Freeport selama 16 tahun

KKB Tembak Karyawan Freeport, Kapolda: Mereka Sudah Paham Wilayah IniSatgas Operasi Nemangkawi mengevakuasi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kuala Kencana, Timika, Papua, Senin (31/3/2020) (Dok Satgas Humas Ops Nemangkawi)

Berdasarkan keterangan para saksi, Graeme Thomas sudah 16 tahun bekerja di PT Freeport pada bagian konstruksi di kawasan dataran rendah. Sedangkan dua korban luka lainnya, kini sedang menjalani perawatan medis di RS AEA Tembagapura.

3. Jubir PT Freeport: Korban penembakan ada 7 orang

KKB Tembak Karyawan Freeport, Kapolda: Mereka Sudah Paham Wilayah IniANTARA/Evarianus Supar

Sementara itu, Juru Bicara PT Freeport, Reza Pratama mengatakan, korban penembakan yang terjadi di Kuala Kencana mencapai tujuh orang.

"Kami sangat berduka atas kehilangan satu orang rekan karyawan yang meninggal dalam kejadian penembakan di area perkantoran PT Freeport Indonesia, di Kuala Kencana, Timika," kata Reza dalam keterangan pers yang diterima di Jayapura, seperti dikutip dari Antara.

Dua korban yang mengalami luka serius sedang dibawa ke RS Tembagapura. Sedangkan empat orang korban lainnya, mengalami cedera ringan dan telah mendapatkan perawatan di lokasi.

Pasukan keamanan pemerintah dan pihak sekuriti perusahaan kata Reza, telah mengamankan lokasi kejadian. Mereka juga telah mengevakuasi semua karyawan dari kantor dan kawasan yang berada di dekatnya.

"Prioritas utama kami adalah memastikan keselamatan para karyawan dan keluarga mereka," kata Reza.

Baca Juga: 1 Karyawan PT Freeport Tewas Ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya