Kombes Argo Yuwono Resmi Jabat Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri

Argo diminta jangan samakan Divisi Humas dengan Polda Metro

Jakarta, IDN Times - Komisaris Besar (Kombes) Pol Argo Yuwono resmi menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri. Argo menggantikan Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Dedi Prasetyo yang dimutasikan sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) SSDM Polri.

1. Argo diminta jangan samakan Divisi Humas dengan Polda Metro Jaya

Kombes Argo Yuwono Resmi Jabat Karopenmas Divisi Humas Mabes PolriKadiv Humas Polri Muhammad Iqbal (Dokumen Humas Polri)

Dalam serah terima jabatan (sertijab) yang digelar hari ini, Kepala Divisi (Kepala Divisi) Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal meminta Argo untuk mengajak awak media berdiskusi. Sebab, media kata Iqbal, merupakan pilar keempat demokrasi.

"Pola di Divisi Humas diubah dikit, jangan samakan dengan di Polda Metro Jaya," kata Iqbal saat memberikan amanat di Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Baca Juga: Kapolres Kampar Dimutasi Gara-gara Tak Perhatikan Kapolri Pidato?

2. Iqbal yakin Argo dapat menjalankan tugasnya sebagai Karopenmas

Kombes Argo Yuwono Resmi Jabat Karopenmas Divisi Humas Mabes PolriKadiv Humas Polri Muhammad Iqbal (Dokumen Humas Polri)

Iqbal melanjutkan, selama di Polda Metro Jaya, Argo dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ia pun meyakini, Argo bisa menjalankan tugas sebagai Karopenmas.

"Kadang-kadang dipojokkan, itu konsekuensi. Itu risiko. InsyaAllah Pak Argo akan siap dan mensejajarkan prestasi yang diukir oleh Pak Dedi," ucap Iqbal.

Iqbal menambahkan, sebagai Karopenmas, harus bisa menyampaikan realitas di lapangan dengan benar, diksi dan sudut pandang yang tepat.

"Kalimat bahwa Polri jamin keamanan, imbauan yang menyejukkan," kata Iqbal.

"Bisa dikatakan, Pak Dedi husnul khatimah dalam mengemban jabatan Karopenmas," sambung Iqbal.

3. Argo Yuwono dan ratusan perwira polisi lainnya dimutasi

Kombes Argo Yuwono Resmi Jabat Karopenmas Divisi Humas Mabes PolriDedi Prasetyo dan Argo Yuwono (Dokumen Humas Polri)

Untuk diketahui, sebanyak 206 perwira polisi dilakukan mutasi oleh Kapolri Jenderal Polisi, Idham Aziz. Keputusan mutasi itu tertuang dalam Surat No: ST/3020/XI/KEP/2019 pada 8 November 2019. Dari 206 perwira itu, Argo Yuwono dimutasi menjadi Karopenmas Mabes Polri.

Posisi Argo digantikan oleh Kombes Pol, Yusri Yunus yang dulunya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri, selain Argo diketahui juga terdapat nama-nama perwira lainnya yang dimutasi.

Beberapa nama perwira lainnya yang muncul di dalam surat tersebut yakni Brigjen Dedi Prasetyo diangkat dengan jabatan baru sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir SSDM Polri. Sedangkan Brigjen E Permadi yang dulunya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier SSDM Polri, kini diangkat menjadi Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

Bahkan, Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) terpilih Firli Bahuri juga mendapatkan kenaikan jabatan. Firli yang dahulu menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan kini menjadi Kabaharkam Polri. Sementara, Komjen Condro Kirono yang menjabat sebagai Kabaharkam Polri akan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Jabatan Kapolda Sumatera Selatan kini diambil oleh Irjen Priyo Widyanto.
Selain itu juga ada Kepala Korlantas Polri, Irjen Refdi Andri yang digantikan dengan Brigjen Istiono. Istiono sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Babel dan Refdi akan mengisi jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Ada juga nama lainnya yakni, Irjen Muktiono yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Kapolri diangkat dengan jabatan baru sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Sedangkan Kapolda Kepulauan Babel akan diisi dengan Brigjen Anang Syarif Hidayat. Anang sebelumnya menjabat sebagai Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, AKBP Arie Arian Rishadi dimutasi menjadi Kapolres Metro Jaktim dan posisi sebelimnya digantikan oleh AKBP Adi Ferdian Saputra yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Argo Yuwono dan Ratusan Perwira Polisi Lainnya Dimutasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya