Korlantas Polri: Komunitas Motor Bisa Jadi Role Model di Masa Pandemik

Komunitas motor membantu mewujudkan tertib berlalu lintas

Jakarta, IDN Times - Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigjen Pol. Chryshnanda Dwilaksana menilai kegiatan otomotif seperti komunitas motor merupakan solusi di tengah pandemik COVID-19.

"Kelompok klub ini akan menjadi ikon, akan menjadi role model yang bisa menjembatani, memotivasi, memberi solusi. Bahkan juga, untuk mendukung dalam masa sulit seperti ini," katanya dalam webinar yang digelar IDN Times bertajuk, Olahraga Otomotif di tengah Pandemik COVID-19, Jumat (19/6) malam.

1. Komunitas motor bisa membantu pemerintah menggaungkan new normal

Korlantas Polri: Komunitas Motor Bisa Jadi Role Model di Masa PandemikBrigjen Pol dr Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri (Website/sim.korlantas.polri.go.id/)

Chryshnanda mengatakan, komunitas motor bisa membantu pemerintah untuk menjembatani kegiatan-kegiatan di dalam new normal atau kenormalan baru.

"Saya kira ini yang harus dibangun, ini yang harus dipatenkan. Menurut saya, bagian dari civil society, bukan sekadar kumpul-kumpul. Ini solusi sosial, ini juga bagian dari social engineering," ujarnya.

Baca Juga: Mabes Polri Ingatkan Jajaran Agar Gak Terlalu Serius Merespons Humor

2. Komunitas motor membantu mewujudkan tertib berlalu lintas

Korlantas Polri: Komunitas Motor Bisa Jadi Role Model di Masa PandemikPertamina ajak komunitas Harley Davidson menggunakan pembayaran BBM non tunai, Sabtu (14/12). IDN Times/Haikal Adithya

Jenderal bintang satu itu mengatakan, komunitas motor turut membantu pihaknya agar masyarakat tertib berlalu lintas. Polri, kata Chryshnanda, bakal menggaet Ikatan Motor Indonesia (IMI) hingga klub-klub motor lainnya untuk mewujudkan tertib berlalu lintas.

"Kita menyiapkan orang-orang yang ahli, orang-orang yang meningkatkan kualitasnya, keselamatannya, menurunkan tingkat korban, membangun budaya tertib. Saya kira, ini transformasi yang baik," ucapnya.

3. Polri akan mengawal jalannya touring sambil memberi pesan moral

Korlantas Polri: Komunitas Motor Bisa Jadi Role Model di Masa PandemikDok. IDN Times/IStimewa

Chryshnanda mengimbau, para pengguna motor harus menerapkan protokol kesehatan selama berkendara ataupun touring. Pelaksanaan touring, juga tidak boleh ramai seperti biasanya. 

"Nanti pengawalan, kalau misalnya kita dari Polantas tidak bisa secara langsung, nanti bisa estafet. Dan mungkin juga sambil berjalan, kita juga dapat membawa pesan moral, yaitu untuk kesadaran, tanggung jawab, dan disiplin," tutur mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Baca Juga: Ketua HDCI Nanan Soekarna: Klub Motor Gelar Charity Selama Pandemik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya