KPK Geledah 3 Kantor Dinas di Kota Batu, Terkait Kasus Eddy Rumpoko?

Penggeledahan terkait kasus gratifikasi tahun 2011-2017

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menggeledah tiga tempat di Kota Batu, Jawa Timur. Plt Jubir Bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, penggeledahan itu terkait penyidikan perkara gratifikasi di Pemerintah Kota Batu tahun 2011-2017.

"Benar, hari ini ada kegiatan penggeledahan oleh KPK di kantor Dinas PUPR, Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Batu,'' ungkap Ali saat dikonfirmasi awak media, Rabu (6/1/2021).

1. KPK sebelumnya memeriksa dua saksi terkait kasus itu

KPK Geledah 3 Kantor Dinas di Kota Batu, Terkait Kasus Eddy Rumpoko?Ilustrasi Penyelidikan KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Ali mengatakan, pada Selasa (5/1/2021) KPK memeriksa dua orang saksi terkait kasus tersebut. Mereka diperiksa di Kantor Reserse Kriminal Polres Kota Batu, Jawa Timur. Namun, Ali tak menjelaskan apa saja yang didalami KPK dari pemeriksaan tersebut.

"Dilakukan pemeriksaan terhadap saksi atas nama Moh. Zaini, swasta atau pemilik PT Gunadharma Anugerah dan Kristiawan, mantan pengurus rumah tangga mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko," jelasnya.

Baca Juga: KPK Cecar Staf Istri Edhy Prabowo Soal Rekening Penampung Uang Suap

2. Penggeledahan dilakukan sejak pukul 10.00 WIB

KPK Geledah 3 Kantor Dinas di Kota Batu, Terkait Kasus Eddy Rumpoko?Ilustrasi gedung KPK (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Tim dari KPK tiba di Balai Kota Among Tani, Kota Batu sekitar pukul 10.00 WIB. Cukup lama mereka menggeledah tiga kantor dinas tersebut. Hingga pukul 13.00 WIB, KPK masih berada di dalam ruangan Dinas Pendidikan Kota Batu. Tak diketahui berkas apa saja yang diambil KPK.

Untuk memperlancar jalannya penggeledahan, KPK dikawal oleh personel kepolisian bersenjata lengkap. Polisi tampak berjaga di depan ruangan yang diperiksa oleh KPK. Sesekali polisi mengingatkan awak media agar tak terlalu mendekat ke ruangan yang sedang diperiksa.

Sejauh ini belum diketahui penggeledahan tersebut berkaitan dengan kasus apa. Hal ini karena, dalam beberapa tahun terakhir kondisi di Kota Batu cenderung kondusif dan jauh dari isu korupsi. Tentu saja kedatangan tim KPK tersebut cukup mengejutkan banyak pihak.

3. Eddy Rumpoko terjaring OTT KPK pada 2017 lalu

KPK Geledah 3 Kantor Dinas di Kota Batu, Terkait Kasus Eddy Rumpoko?Mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Eks Wali Kota Batu Eddy Rumpoko sebelumnya terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada September 2017. Dia menerima suap berupa mobil merek Toyota New Alphard senilai Rp1,6 miliar dari pengusaha Filiphus Djap.

Akibatnya Eddy dijatuhi vonis 3 tahun penjara dengan denda Rp300 juta subsidair 3 bulan kurungan penjara.

Baca Juga: Dugaan Penggelapan Uang, Dhani Sebut Nama Eddy Rumpoko

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya