KPK Kerahkan 3 Kasatgas Selidiki Kasus Menteri KKP, Termasuk Novel

Salah satu Kasatgas itu adalah Novel Baswedan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini masih memeriksa Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Edhy diketahui ditangkap penyidik KPK sejak Rabu (25/11/2020) dini hari.

"Kegiatan ini dilakukan oleh tim KPK atas penugasan resmi dengan menurunkan lebih tiga Kasatgas baik penyelidikan dan penyidikan, termasuk juga dari JPU yang ikut dalam kegiatan dimaksud. Salah satu Kasatgas tersebut benar Novel Baswedan,'' kata Plt Jubir Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

1. Edhy diduga terjerat kasus ekspor benih lobster

KPK Kerahkan 3 Kasatgas Selidiki Kasus Menteri KKP, Termasuk NovelEdhy Prabowo di tambak udang vaname Pandeglang, Banten (Instagram.com/edhy.prabowo)

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, Edhy ditangkap usai tiba dari Honolulu, Hawai, Amerika Serikat. Dia ditangkap di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Firli menambahkan, Edhy saat ini masih diperiksa oleh tim penyidik KPK.

"Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin ekspor baby lobster. Sekarang, beliau di KPK untuk dimintai keterangan. Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon beri waktu tim kedeputian penindakan bekerja dulu," jelas Firli.

Baca Juga: Edhy Prabowo dan Istri Diciduk KPK Pulang dari Hawaii, Habis Liburan?

2. Eks Jubir terharu KPK bisa menangkap Edhy

KPK Kerahkan 3 Kasatgas Selidiki Kasus Menteri KKP, Termasuk Novel(Mantan Juru bicara KPK, Febri Diansyah) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Mantan Jubir KPK Febri Diansyah mengatakan, ia bangga atas yang dilakukan lembaga antirasuah. Febri mengatakan, kerja-kerja konkret seperti ini membuat kredibilitas KPK bisa diangkat kembali. Ia pun mengapresiasi kinerja tim KPK yang telah menangkap Edhy.

"Apa yang dilakukan teman-teman tim penyelidik dan penyidik KPK ini membanggakan dan mengharukan. Apalagi, saat KPK jadi sorotan akhir-akhir ini," ucap Febri.

"Saya dengar, tim yang menangani adalah orang-orang hebat yang sebelumnya juga menangkap (eks Sekretaris MA) Nurhadi dan kawan-kawan. Kredibilitas KPK lahir dari kerja konkret, bukan pidato dan gimmick," kata Febri lagi.

3. Istri Edhy juga ditangkap KPK

KPK Kerahkan 3 Kasatgas Selidiki Kasus Menteri KKP, Termasuk NovelEdhy Prabowo bersama dengan istri. Instagram.com/edhy.prabowo

Berdasarkan informasi dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya, istri Edhy, Iis Rosita Dewi turut ditangkap.

"Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Edhy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke gedung KPK," katanya kepada IDN Times, hari ini.

Sumber IDN Times melanjutkan, saat ditangkap ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staff Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin di dalam pesawat yang ditumpangi Edhy.

"Ali Mochtar Ngabalin yang ada di pesawat yang sama dengan Edhy juga sempat berbincang dengan penyidik yang nangkap Edhy. Sesampai di KPK, langsung diperiksa. Di dalam gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan, penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Edhy Prabowo, Tangan Kanan Prabowo Subianto yang Ditangkap KPK

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya