KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif 

Tes swab dilakukan dalam dua tahap

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, seluruh pegawai KPK menjalani tes swab atau PCR untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19. Rangkaian tes itu akan dilaksanakan dalam dua tahap.

"Pada Rabu-Kamis, tanggal 15-16 Juli 2020 dan pada Senin-Kamis, tanggal 20-23 Juli 2020," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: 7 Pegawai KPK Terinfeksi Virus Corona, 5 Orang Sudah Sembuh

1. Tujuh pegawai KPK sebelumnya dinyatakan positif COVID-19

KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif Ilustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Ali sebelumnya mengatakan, ada pegawai KPK yang terinfeksi virus corona atau COVID-19. Namun, dia tak membeberkan siapa saja pegawai KPK tersebut.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Biro SDM, Bagian Umum dan Poliklinik KPK, hingga saat ini tercatat tujuh pegawai KPK yang pernah terinfeksi COVID-19 pada rentang Mei-Juli 2020," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin 13 Juli 2020.

2. Lima orang di antaranya dipastikan sembuh

KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif Plt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Dari tujuh pegawai, lima orang di antaranya sudah sembuh dalam rentang waktu Mei-Juni 2020. Ali mengatakan, proses tracing untuk mengetahui dengan siapa saja tujuh pegawai itu kontak, sudah dilakukan.

"Saat ini masih ada satu orang dalam proses perawatan di rumah sakit dan berada dalam kondisi baik. Pegawai tersebut sedang menunggu hasil tes lanjutan sesuai mekanisme yang berlaku untuk dinyatakan sehat," ucapnya.

Sementara, satu orang pegawai lainnya sedang menjalani proses isolasi mandiri, dengan pantauan pihak rumah sakit dan puskesmas domisili.

"Kami berharap dan mendoakan keduanya segera sembuh dan sehat kembali, sehingga dapat kembali beraktifitas seperti sediakala," ujar Ali.

3. Upaya yang dilakukan KPK untuk mencegah COVID-19

KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif Pegawai KPK Jalani Test Swab (Dok. IDN Times/Humas KPK)

Untuk mencegah penularan COVID-19, KPK kata Ali, terus meningkatkan upaya-upaya mitigasi risiko dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pengaturan ulang terkait kapasitas lift. Untuk sementara waktu, tangga darurat dapat dipergunakan untuk mengurangi kepadatan antrean lift
  2. Membuat saluran komunikasi siaga (hotline) yang dikelola Poliklinik KPK untuk layanan informasi darurat terkait perkembangan situasi pencegahan COVID-19 di lingkungan KPK.
  3. Penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh ruangan Gedung Merah Putih dan ACLC
  4. Menyelenggarakan kembali Rapid Test dalam waktu dekat, dengan jadwal yang akan diinformasikan kemudian.

Selain itu, Biro Umum KPK juga mengingatkan kembali kepada seluruh pegawai KPK untuk memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan, antara lain:

  1. Menjaga jarak aman sekitar 1,5-2 meter antar orang dimanapun pegawai berada. Pengaturan tempat duduk dilakukan pada area kerja, ruang rapat, kantin, dan lain-lainnya.
  2. Selalu menggunakan masker selama bekerja di kantor atau beraktivitas di luar
  3. Menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat salat, alat makan, dan lain-lainnya.
  4. Memperhatikan seluruh protokol kesehatan dan pembatasan mandiri.
  5. Apabila mengalami gejala demam/ batuk/ pilek/sakit tenggorokan/atau semua gejala tersebut harap memeriksakan diri ke faskes terdekat.

Baca Juga: Percepat Alih Status Pegawai KPK Jadi ASN, KASN Sambangi KPK

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya