Comscore Tracker

KPK: Tim Pemburu Koruptor Pernah Dibentuk, Hasilnya Tidak Optimal

Menko Polhukam sebut tim pemburu koruptor segera dibentuk

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango memberikan respons terkait wacana dibentuknya tim pemburu koruptor. Menurutnya, tim tersebut sudah pernah dibentuk tetapi tak memberikan hasil yang optimal.

"Pembentukan tim ini di tahun 2012 dan senyatanya tidak memberi hasil optimal. Cukup untuk menjadi pembelajaran untuk tidak diulangi lagi," ujar Nawawi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

1. Pemerintah lebih baik meningkatkan koordinasi antara lembaga penegak hukum

KPK: Tim Pemburu Koruptor Pernah Dibentuk, Hasilnya Tidak OptimalWakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango (IDN Times/ Haikal)

Nawawi mengatakan daripada membentuk tim pemburu koruptor, akan lebih bijak jika pemerintah meningkatkan koordinasi dan supervisi antar lembaga penegak hukum serta lembaga terkait lainnya.

"Sekaligus, menyemangati lagi ruh integrated criminal justice system yang belakangan ini menjadi seperti jargon tanpa makna," ujarnya.

Baca Juga: Mahfud MD Pimpin Tim Pemburu Koruptor  Usai Dapat Inpres dari Jokowi

2. KPK telah berupaya menutup ruang tersangka yang berpotensi melarikan diri

KPK: Tim Pemburu Koruptor Pernah Dibentuk, Hasilnya Tidak OptimalIlustrasi gedung KPK (IDN Times/Vanny El Rahman)

Dengan adanya koordinasi dengan lembaga terkait, kata Nawawi, KPK sudah berupaya menutup ruang-ruang para tersangka yang berpotensi melarikan diri.

"Seseorang yang sudah hampir dapat dipastikan akan ditetapkan sebagai tersangka, ruang geraknya akan terus di-monitoring sampai tiba saatnya dilakukan tindakan penahanan," ucapnya.

3. Menko Polhukam sebut Tim Pemburu Koruptor segera dibentuk

KPK: Tim Pemburu Koruptor Pernah Dibentuk, Hasilnya Tidak OptimalMenkopolhukam Mahfud MD memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Medan, Jumat (4/7). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan tim pemburu koruptor akan segera dibentuk. Pengaktifan kembali tim pemburu koruptor, pemburu aset, pemburu tersangka, pemburu terpidana dalam tindak pidana yang melarikan diri atau yang bersembunyi, atau yang disembunyikan masih terus diproses.

"Karena cantelannya itu adalah inpres, maka sekarang inpres tentang tim pemburu aset dan pemburu tersangka dan terpidana koruptor dan tindak pidana lain itu, sudah ada di tangan Kemenko Polhukam. Sehingga, secepatnya nanti akan segera dibentuk tim," ujarnya dikutip dari Antara.

4. Tim Pemburu Koruptor tidak akan mengambil tugas KPK

KPK: Tim Pemburu Koruptor Pernah Dibentuk, Hasilnya Tidak OptimalIlustrasi gedung KPK. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Mahfud menuturkan, institusi yang akan dilibatkan dalam tim pemburu koruptor itu adalah Kejaksaan Agung, Polri, Kemenkumham, Kemendagri, dan departemen teknis lainnya. Dia menegaskan, tim pemburu koruptor tidak akan mengambil tugas KPK.

"KPK itu adalah lembaga tersendiri. Yang diburu oleh KPK tentu nanti dikoordinasikan tersendiri, karena bagaimanapun KPK itu adalah lembaga yang merupakan lembaga khusus di bidang pemberantasan korupsi dan mungkin sudah punya langkah-langkah sendiri. Akan kami koordinasikan," tuturnya.

Baca Juga: Tangkap Djoko Tjandra, Mahfud MD Aktifkan Kembali Tim Pemburu Koruptor

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya