Laskar FPI Disebut Ditembak ke Arah Jantung, Begini Respons Polri

Polri mulai memeriksa saksi-saksi kasus FPI

Jakarta, IDN Times - Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, kasus bentrokan antara anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan polisi di Tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat, pada Senin, 7 Desember 2020, masih dalam proses penyidikan.

Argo menanggapi pernyataan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FPI Ahmad Shabri Lubis, yang sebelumnya menyebut ada luka tembak yang mengarah ke jantung enam anggota laskar FPI yang tewas.

"Penyidikan masih dalam proses, nantinya akan disampaikan dengan bukti pendukungnya dan bagaimana kronologinya," kata Argo saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: 6 Laskar FPI Tewas, Muhammadiyah Desak Jokowi Bentuk Tim Independen

1. Polri mulai memeriksa saksi-saksi

Laskar FPI Disebut Ditembak ke Arah Jantung, Begini Respons PolriIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Argo mengatakan, penyidikan kasus ini juga melalui assesment atau penilaian oleh tim pengawas internal Polri.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan, saksi-saksi terkait kasus bentrokan ini bakal diperiksa. Namun, ia enggan menyebutkan lebih detail siapa saja yang menjadi saksi.

"Hari ini pemeriksaan saksi-saksi di sejumlah lokasi. Semua pihak yang menyaksikan dan bisa memberikan keterangan, kita periksa," ucap dia.

2. Jenazah anggota laskar FPI disebut ditembak dari jarak dekat

Laskar FPI Disebut Ditembak ke Arah Jantung, Begini Respons PolriIDN Times/Muhamad Iqbal

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FPI Ahmad Shabri Lubis sebelumnya membeberkan, kondisi enam jenazah anggota laskar FPI yang tewas saat bentrok dengan polisi di Tol Cikampek KM 50 pada Senin, 7 Desember 2020 dini hari, hampir semua kondisi jenazah terdapat lebih dari satu lubang peluru dan mengarah ke jantung.

"Dilihat dari bekas tembakan, menurut pendapat ahli yang hadir dalam pemandian jenazah bahwa para syuhada ditembak dari jarak dekat. Bahkan, tembakan ke arah jantung para syuhada tersebut ada yang dilakukan dari depan, bagian dada dan ada yang dilakukan dari belakang," ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (9/12/2020).

3. FPI dorong Komnas HAM lakukan investigasi

Laskar FPI Disebut Ditembak ke Arah Jantung, Begini Respons PolriIDN Times/Margith Juita Damanik

Selain itu, lanjut Shabri, di tubuh enam anggota laskar FPI tersebut terdapat tanda-tanda bekas penyiksaan. Karena itu, pihaknya mendorong Komnas HAM, Komnas Anak dan Komnas Perempuan melakukan investigasi kematian pengawal Rizieq Shihab itu. Apalagi, saat peristiwa tersebut terdapat perempuan, bayi dan balita.

"Kami mendorong pihak Komnas HAM untuk memperluas keterlibatan dan partisipasi publik dengan merekrut komisioner ad hoc dari kalangan masyarakat sipil yang profesional dan independen, serta berintegritas untuk menjadi anggota Tim Pencari Fakta dalam peristiwa Extra Judicial Killing ini," katanya.

Shabri juga meminta doa dan dukungan agar kebenaran dan keadilan bisa segera terungkap. "Apalagi pembunuhan di luar proses hukum (extra judicial killing) ini, terjadi bertepatan dengan momen Hari HAM sedunia 10 Desember. Hal yang sangat memalukan apabila di tengah momen hari HAM sedunia, justru di Indonesia terjadi pelanggaran HAM dari Sabang sampai Merauke," terangnya.

4. Enam anggota laskar FPI sudah dimakamkan

Laskar FPI Disebut Ditembak ke Arah Jantung, Begini Respons PolriAmbulans yang membawa jenazah Laskar FPI di RS Polri pada Selasa (8/12/2020) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Enam jenazah anggota laskar FPI telah dimakamkan pada Rabu (9/12/2020). Sekretaris yang juga merupakan kuasa hukum FPI Aziz Yanuar mengatakan, lima orang di antaranya dimakamkan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Sementara, Aziz mengatakan, jenazah yang dimakamkan di Bogor adalah Andi Oktaviawan (33 tahun), Faiz Ahmad Syukur (22 tahun), M Reza (20 tahun), Muhammad Suci Khadafi Poetra (21 tahun), dan Akhmad Sofian (26 tahun). Sementara, almarhum Lutfi Hakim tidak dimakamkan di Bogor.

"(Lutfi Hakim) dimakamkan di Duri Kosambi, Jakarta Barat," ujarnya kepada IDN Times, kemarin.

Baca Juga: Anggota Laskar FPI Ahmad Sofiyan Disebut Bersenjata, Keluarga: Bohong!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya