Lepas Mudik Gratis, Anies: Jangan Sibuk dengan Gawai, Silaturahmi

17.574 warga menggunakan program mudik gratis Pemprov DKI

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini meresmikan pelepasan Mudik Gratis 2019 yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi  (Pemprov) DKI Jakarta. Dalam kesempatan itu, Anies berpesan kepada para pemudik, untuk memanfaatkan momen itu dengan menjalin interaksi dengan sesama penumpang.

"Izinkan saya menyampaikan pesan buat yang mudik. Perjalanan pulang ini Anda akan ketemu dengan orang yang belum tentu Anda kenal dalam bus itu. Gunakan kesempatan untuk berinteraksi, berkenalan membangun suasana persaudaraan," ujar Anies dalam sambutannya dalam acara pelepasan Mudik Gratis 2019 Pemprov DKI Jakarta, di Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Kamis(30/5) pagi.

1. Anies: Jangan sampai gawai menjauhkan yang dekat

Lepas Mudik Gratis, Anies: Jangan Sibuk dengan Gawai, SilaturahmiIDN Times/Axel Jo Harianja

Anies juga mengatakan, gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang baik. Akan tetapi, ia meminta agar alat komunikasi itu jangan sampai menjauhkan diri dengan sesama.

"Jangan sampai di dalam bus alat ini mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Kita tidak ingin di sepanjang jalan hanya menggunakan gawai. Tidak bercakap dengan kanan kiri yang padahal mereka saudara se-kampung halaman. Gunakan kesempatan di dalam bus untuk berinteraksi, berkomunikasi, membangun persahabatan," katanya.

Baca Juga: Menteri BUMN Rini Soemarno Lepas 26.018 Peserta Mudik Gratis di GBK

2. Para orangtua diajak membangun memori yang baik selama perjalanan

Lepas Mudik Gratis, Anies: Jangan Sibuk dengan Gawai, SilaturahmiIDN Times/Axel Jo Harianja

Tak hanya itu, Anies juga meminta kepada para orangtua untuk membangun memori yang baik selama di perjalanan kepada anak-anak mereka. Salah satunya, dengan cara menunjukkan betapa indahnya alam Indonesia.

"Tunjukkan kepada anak-anak betapa indahnya negeri kita tercinta ini. Tunjukkan kepada mereka tanda-tanda sepanjang jalan agar pengalaman pulang ini menjadi pengalaman pulang yang mengesankan sepanjang hidup mereka," jelas Anies.

"Ketika mereka (anak-anak) mengingat rute-rute jalan nama-nama tempat, jelaskan itu pada mereka Insya Allah mereka nantinya suatu saat akan bisa pulang dengan kendaraan sendiri, mengajak orangtuanya pada saat orangtuanya sudah tua dan mereka sudah menjadi anak-anak yang berhasil di kemudian hari," sambung Anies.

3. Mudik gratis mengurangi angka kecelakaan kendaraan roda dua

Lepas Mudik Gratis, Anies: Jangan Sibuk dengan Gawai, SilaturahmiIDN Times/Axel Jo Harianja

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono yang turut hadir pun, mengapresiasi langkah Pemprov DKI Jakarta yang mengadakan Mudik Gratis tersebut. Menurutnya, dengan adanya program tersebut, angka kecelakaan lalu lintas khususnya kendaraan roda dua dapat berkurang.

"Dengan mudik bersama ini mengurangi kecelakaan yang didominasi kendaraan roda dua. Biasanya saudara kita walaupun kita imbau tidak dipakai, harusnya dua (penumpang saja), bisa dipakai 5 orang (dalam satu motor)," ucapnya.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sekitar 300 bus dalam program Mudik Gratis 2019 ini. Selain itu, ada 17.574 warga yang menggunakan program mudik gratis tersebut.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya