Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri: Gak Usah Pulang Kampung

Jika terpaksa libur ke luar kota, diimbau melakukan PCR test

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menetapkan 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad Saw. Ini akan menjadi libur panjang karena 31 Oktober dan 1 November 2020 adalah akhir pekan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengimbau masyarakat yang berada di zona merah COVID-19 untuk berlibur di lokasinya masing-masing dan tidak pulang kampung atau mudik.

"Kita sambil beres-beres rumah, sambil memberes lingkungan karena akan menghadapi berdasarkan prediksi BMKG itu kemungkinan adanya gangguan hidrometeorologi. Banjir, longsor, sudah terjadi di beberapa daerah," kata Tito di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020).

1. Jika terpaksa berlibur ke luar kota, diimbau melakuan PCR test

Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri: Gak Usah Pulang KampungIlustrasi tes usap atau PCR Test. IDN Times/Irfan Fathurohman

Tito mengatakan, jika masyarakat terpaksa ingin berlibur ke luar kota khususnya melalui jalur darat, diimbau melakukan rapid test atau PCR test. Hal ini guna mencegah penularan COVID-19 saat tiba di lokasi tujuan.

"Tapi saya mendorong sebaiknya PCR. Kenapa PCR ? Itu lebih akurat daripada rapid test, apalagi rapid test antibodi. Kalau rapid test-nya antigen, mendingan," ucapnya.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Masih Banyak yang Tidak Percaya COVID-19

2. Kepala daerah diminta membuat sistem pertahanan untuk cegah COVID-19

Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri: Gak Usah Pulang KampungMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat memberikan arahan di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (8/7/2020). Humas Pemprov Sulsel

Selain itu, Kepala Daerah di setiap wilayah diminta membuat sistem pertahanan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dia mencontohkan, ketika saat lebaran, beberapa wilayah menerapkan hal itu. Seperti Kampung tangguh, Desa tangguh, RT/RW tangguh, Kelurahan tangguh dan Kabupaten tangguh.

"Semua yang mau datang baik keluarga atau tidak, sebaiknya ditanyakan apakah mereka sudah di tes? Positif atau negatif? Ukur mereka bisa menunjukkan suratnya. 'Saya sudah di tes nih negatif, oke masuk'. Kalau belum di tes, ya sebaiknya keluarganya mendorong tes dulu dong sebelum pulang kampung," jelasnya.

3. Akan menggelar video conference untuk membahas antisipasi libur panjang

Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri: Gak Usah Pulang KampungMendagri, Tito Karnavian saat launching gerakan 26 juta masker. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meski begitu, Tito kembali menyarankan masyarakat tidak pulang kampung. Dia mengimbau, masyarakat berlibur di tempat masing-masing sembari menikmati waktu dengan keluarga.

"Tapi detailnya, besok. Besok detailnya kita akan melakukan video conference dengan seluruh Kepala Daerah, khusus membahas mengenai masalah antisipasi libur panjang ini," tutur mantan Kapolri ini.

Baca Juga: Bertemu Mendagri Singapura, Tito Karnavian Bahas Penanganan COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya