Comscore Tracker

Lolos di Pilkada Solo, Gibran Rakabuming 'Dibantu' Presiden Jokowi?

Gibran terjun ke politik bukan dorongan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membantah maju ke dunia politik karena pengaruh ayahnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hal itu dia ungkapkan dalam acara Mata Najwa bertajuk Berebut Takhta di Tengah Wabah.

“Gak ada perintah (dari bapak). Ini murni niat saya sendiri. Tidak ada dorongan dua tahun lalu, kan saya sudah bilang saya tertarik (politik). Makanya saya maju (Pilkada)," kata Gibran, Rabu malam (30/9/2020).

Baca Juga: Pilkada Solo: Harta Kekayaan Gibran Rakabuming 10 Kali Bagyo Wahyono

1. Gibran masuk ke politik agar bermanfaat bagi orang banyak

Lolos di Pilkada Solo, Gibran Rakabuming 'Dibantu' Presiden Jokowi?Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Dua tahun lalu dalam wawancara dengan Najwa Shihab, Gibran memang pernah mengatakan ada ketertarikan dalam dunia politik, namun saat itu dia mengatakan 20 tahun lagi kemungkinan baru terjun ke dunia politik.

Gibran pun menegaskan, niatnya sejak dulu sampai sekarang tidak berubah.

"Tidak ada yang berubah, niat saya masih sama. Dulu jadi pengusaha niatnya agar bermanfaat bagi orang banyak. Sekarang masuk politik juga sama, bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi," kata dia.

“Karena saya sudah merasa siap sekarang,” kata putra sulung Presiden Jokowi itu, ketika ditanya mengapa maju pilkada tanpa menunggu Jokowi selesai menjabat presiden.

2. Gibran membantah Jokowi yang membuatnya lolos maju Pilkada 2020

Lolos di Pilkada Solo, Gibran Rakabuming 'Dibantu' Presiden Jokowi?Presiden Jokowi membagikan bantuan modal kerja di Istana Merdeka (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Gibran juga membantah sang ayah yang membuatnya lolos maju Pilkada 2020 dan mendapat rekomendasi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia mengklaim seluruh syarat dan tahapan sudah dia penuhi.

"Apa yang dimudahkan? Kalau rekomendasi itu hanya dari ibu Ketua Umum (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri). Ketika awal 2020 sampai sebelum rekomendasi turun, elektabilitas saya sudah melebihi Pak Achmad Purnomo (Wakil Wali Kota Solo). Ini ada prosesnya," kata Gibran, membantah soal keistimewaannya maju dalam Pilkada Solo.

3. Ini strategi Gibran selama masa kampanye

Lolos di Pilkada Solo, Gibran Rakabuming 'Dibantu' Presiden Jokowi?Kampanye Paslon Gibran-Teguh dengan menggunakan virtual box keliling kampung. Dok.Gibran Rakabuming Raka

Gibran menuturkan, dalam dua bulan ke depan, dia bersama pasangannya akan memperbanyak kegiatan kampanye secara daring guna mengurangi kerumunan warga untuk mencegah penularan virus corona.

"Saya berkomitmen untuk menaati protokol kesehatan. Setiap hari saya dengungkan ke warga program prioritas saya dan Pak Teguh adalah percepatan pemulihan pasca-COVID-19," tutur Gibran.

Masa kampanye Pilkada 2020 sudah dimulai sejak 27 September 2020 hingga  berakhir pada 5 Desember 2020. Selanjutnya, masa tenang akan berlangsung pada 6 hingga 8 Desember 2020, dilanjutkan tahapan pemungutan suara atau pencoblosan pada 9 Desember 2020.

Pilkada Serentak 2020 akan diikuti 270 daerah, yang terdiri dari sembilan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 39 pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta 224 pemilihan bupati dan wakil bupati.

Baca Juga: Gibran-Teguh Blusukan Online Bawa Televisi 49 Inch Keliling Kampung

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya