Mabes Polri Terima Surat Pemberitahuan Reuni PA 212

Polda Metro Jaya berharap reuni PA 212 berjalan aman

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan terkait reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212. Saat ini, Mabes Polri tengah meminta rekomendasi pengamanan mulai dari tingkat Polres Jakarta Pusat.

"Dari Polres meningkat ke Polda Metro Jaya (PMJ). PMJ akan mengirimkan rekomendasi ke Mabes Polri bagian Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam). Dari Baintelkam nanti yang akan mengeluarkan pemberitahuannya (personel pengamanan)," jelas Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/11).

1. Polda Metro harap reuni PA 212 berjalan aman

Mabes Polri Terima Surat Pemberitahuan Reuni PA 212Kapolda Metro Jaya, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dikonfirmasi terpisah hari ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi berapa jumlah massa yang akan hadir dalam acara tersebut. Dia menegaskan, pihaknya siap mengamankan acara tersebut.

"Kita berharap kegiatan ini kan kegiatan keagamaan, kegiatan-kegiatannya tentunya kegiatan yang tidak memprovokasi atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan terjadinya gangguan keamanan," kata Gatot di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

"Enggak perlu kita terganggu dengan kegiatan tersebut, khawatir kegiatan tersebut. Enggak. Ini kegiatan seperti keagamaan yang biasa dilakukan," ujar Gatot.

Baca Juga: Polisi Belum Terima Surat Pemberitahuan tentang Rencana Reuni PA 212

2. PA 212 mengklaim telah mendapat surat izin

Mabes Polri Terima Surat Pemberitahuan Reuni PA 212Jumpa pers persiapan reuni 212, Petamburan, Kamis (21/11) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Ketua Umum PA 212 Slamet Ma’arif mengatakan, panitia reuni telah mengantongi izin Pemda DKI Jakarta dan kepolisian.

“Rekomendasi dari Gubernur DKI Jakarta Sudah kita dapatkan, dari Polres Jakarta Pusat juga sudah kita terima sehingga Alhamdulillah soal perizinan tidak mengalami hambatan yang berarti," kata Slamet di Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, Kamis (21/11) lalu.

Acara akan dimulai pada pukul 03.00 WIB diawali dengan salat tahajud, dilanjut salat subuh, dan pembacaan maulid Nabi Muhammad.

“InsyaAllah acara akan kami akhiri pada pagi hari,” imbuhnya.

3. Yusuf Martak menyeru umat Islam untuk mendoakan kepulangan Rizieq

Mabes Polri Terima Surat Pemberitahuan Reuni PA 212Jumpa pers persiapan reuni 212, Petamburan, Kamis (21/11) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak menyeru umat Islam untuk ikut memutihkan Monas dan berdoa.

"Untuk keselamatan kepulangan Imam besar kita Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air tercinta," katanya.

Penanggung jawab acara, Ahmad Shobri, mengatakan, pihaknya menargetkan massa hadir hingga satu juta orang. Panitia juga memastikan ada ribuan orang yang akan mengamankan acara itu.

"3 ribu laskar dari berbagai ormas kita kerahkan,” ujarnya.

Baca Juga: Sambut Kepulangan Rizieq Shihab, PA 212: Mari Putihkan Monas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya