Mahfud MD Sempat Ingin Pinjam Pesawat TNI untuk Melayat Ibunda Jokowi

Pratikno dan Pramono Anung akan dampingi Jokowi di Solo

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, dirinya sempat ingin meminjam pesawat TNI AU atau Polri, usai mendengar ibunda Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Sujiatmi Notomiharjo wafat. Hal itu dilakukan agar jajaran Kabinet Indonesia Maju, melayat ke Solo.

"Tapi tiba-tiba ada arahan dari Presiden melalui Pak Pratikno (Mensesneg) dan Pak Pramono Anung (Seskab) agar para menteri tak pergi ke Solo, melainkan fokus pada tugas saja di Jakarta. Jadi saya dan kawan-kawan tidak ke Solo," kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (25/3).

1. Masyarakat diimbau tak melayat ke rumah duka

Mahfud MD Sempat Ingin Pinjam Pesawat TNI untuk Melayat Ibunda JokowiIbunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Mahfud mengatakan dia bersama sang istri, Zaizatun Nihayati, akan melakukan salat gaib dari rumah untuk menghormati jenazah almarhum Notomiharjo. Dia juga mengimbau kepada masyarakat tak melayat ke rumah duka, guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum Muslimin yang ingin mensalatkan jenazahnya, dilakukan dengan salat gaib saja dari rumah. Itu ada ajarannya di dalam Islam," ucap mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Baca Juga: Kang Emil ke Jokowi: Semoga Dikuatkan dalam Duka dan Situasi Bangsa

2. Pratikno dan Pramono Anung akan mendampingi Jokowi di Solo

Mahfud MD Sempat Ingin Pinjam Pesawat TNI untuk Melayat Ibunda JokowiMenteri Kesekretariatan Negara, Pratikno (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sementara, Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengatakan, pemakaman almarhum Sujiatmi Notomiharjo dilaksanakan secara internal pada Kamis (26/3) siang.

Anggota Kabinet Indonesia Maju beserta jajaran, diperintahkan tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing. Hanya dua anggota Kabinet Indonesia Maju yang berangkat ke Solo.

"Untuk mendampingi Presiden Joko Widodo adalah Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung," kata Fajroel saat dikonfirmasi.

3. Ibunda Jokowi dimakamkan besok siang di Karanganyar

Mahfud MD Sempat Ingin Pinjam Pesawat TNI untuk Melayat Ibunda JokowiSujiatmi Notomiharjo (IDN Times/Larasati Rey)

Jenazah ibunda Jokowi akan dimakamkan Kamis (24/3) siang.

"Rencana pemakaman insyaallah besok jam 1 siang. Di pemakaman di Mundu Selokaton Gondangrejo Karanganyar," kata Jokowi di rumah duka.

Menurut dia, sang ibunda telah mengidap kanker selama empat tahun.

"Tadi sore pada jam 16.45 WIB, berpulang ke hadirat Allah SWT, ibunda kami, ibu Sudjiatmi Notomiharjo yang saya tahu bahwa ibu ini sudah empat tahun mengidap sakit yaitu kanker," ujar dia.

Jokowi mengatakan, sang ibunda sudah pernah berobat ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Namun takdir memang sudah berkehendak lain.

"Tetapi memang Allah sudah menghendaki. Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan khusnul khatimah. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terima kasih," tutur Jokowi.

Baca Juga: Presiden Berduka, Sandiaga: Cobaan Berat Pak Jokowi di Tengah COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya