Mantan Gubernur Lemhanas Sayidiman Tutup Usia, Mahfud MD Berdukacita

Sayidiman wafat pada usia 94 tahun

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Letjen (Purn) TNI Sayidiman Suryohadiprodjo meninggal dunia pada Sabtu (16/1/2021). Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Telah wafat Letjen (purn) Sayidiman Suryohadiprodjo dlm usia 94 thn," cuit Mahfud dalam akun Twitternya @mohmahfudmd, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Wafat, Mahfud MD: Kita Kehilangan Tokoh Pemersatu Umat

1. Sayidiman mengajari Mahfud soal militer ketika dia menjabat Menhan

Mantan Gubernur Lemhanas Sayidiman Tutup Usia, Mahfud MD BerdukacitaMenkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers usai acara silaturahmi bersama para tokoh di Sumut, Kamis (3/7) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam cuitannya, Mahfud turut menceritakan kenangannya mengenai Sayidiman. Pada 2000, Mahfud pernah diangkat menjadi Menteri Pertahanan (Menhan). Ia mengaku sering megundang Sayidiman, mantan presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gusdur, pengamat politik Salim Said dan tokoh militer Hasnan Habib ke kediamannya.

"Ktk diangkat jd menhan (2000) sy agak buta tentang TNI. Maka sy undang ahli TNI dan pakar sejarah Dwifungsi ABRI ke rumah utk memberi kuliah kpd sy. Pak Sayidiman, Pak Hasnan Habib, dan Bang Salim Said adl guru yg mengajari sy ttg militer di Indonesia. Semoga amalnya diterima," ungkap dia.

2. Mahfud terakhir bertemu Sayidiman saat acara buka bersama di Kedubes Jepang

Mantan Gubernur Lemhanas Sayidiman Tutup Usia, Mahfud MD BerdukacitaIDN Times/Galih Persiana

Pada cuitan terakhirnya, Mahfud menceritakan dia terakhir bertemu dengan Sayidiman dalam acara buka bersama di Kedubes Jepang.

"Terakhir saya ketemu Pak Sayidiman pd acr buka bersama di Kedubes Jepang di Jakarta. Beliau adl jg mantan dubes RI di Jepang. 'Masih ingat saya, Pak? Sy dulu yg belajar ttg TNI dan Politiknkpd Bapak', tegur saya. 'Tentu ingat, Pak Menhan'," jawabnya, penuh gairah spt biasanya," kenang dia.

3. Jabatan terakhir Sayidiman di TNI sebagai Wakasad

Mantan Gubernur Lemhanas Sayidiman Tutup Usia, Mahfud MD BerdukacitaSayidiman Suryohadiprojo. ANTARA/id.wikipedia.org.pri.

Sayidiman menjadi Gubernur Lemhanas pada 1974-1978. Sayidiman dilahirkan di Bojonegoro, Jawa Timur pada 21 September 1927. Ia merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi (PATI) TNI AD.

Jabatan terakhirnya di lingkungan TNI AD adalah sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) berpangkat Letnan Jenderal TNI pada 1973-1974. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) pada 1976 dan merangkap sebagai Ketua KONI Pusat Bidang Daerah pada 1977.

Sayidiman juga pernah bertugas menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang pada 1979. Pada 21 September 1982, Sayidiman mendapatkan Surat Keputusan Pensiun dari anggota TNI dan menjalankan tugas sebagai purnawirawan.

Baca Juga: Lemhanas: Siap-siap Hidup Berdampingan dengan COVID-19 hingga 2 Tahun!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya