Mau Liburan ke Puncak Bogor? Siap-siap Terjebak Macet di 10 Titik Ini

Yakin mau macet-macetan?

Jakarta, IDN Times - Menghabiskan libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriah menuju Puncak Bogor menjadi salah satu destinasi wisata. Namun, masyarakat yang ingin berlibur ke sana harus siap menghadapi kemacetan.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda, mengatakan ada 10 titik langganan macet di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, yang perlu diwaspadai pengendara.

"10 titik itu adalah Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cisarua, Jatiwangi, Taman Safari Indonesia, Ciburial, Gunung Mas dan Masjid Attaawun," katanya, Kamis (20/8/2020) seperti dikutip dari ANTARA.

1. Masyarakat diimbau tidak mengambil jalur lawan arah

Mau Liburan ke Puncak Bogor? Siap-siap Terjebak Macet di 10 Titik IniArus lalu lintas di Simpang Gadog, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/8/2020). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Fitra mengimbau, masyarakat yang akan menghabiskan libur panjang alias long weekend di wilayah selatan Kabupaten Bogor itu, harus tertib berlalu lintas. Selain itu, tidak mengambil jalur lawan arah, khususnya bagi pemotor.

"Kami minta pengendara yang mengalami one way agar bersabar dan tidak nekat melambung naik. Karena, bisa menghambat arus," kata Fitra.

2. Sebanyak 360 petugas disiagakan untuk mengurai kemacetan

Mau Liburan ke Puncak Bogor? Siap-siap Terjebak Macet di 10 Titik Ini(Sejumlah Polisi Lalu Lintas mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya 2019 di Lapangan Promoter Dit Lantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/10/2019)) ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Untuk mengurai kemacetan, Polres Bogor menyiagakan 360 petugas di Jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor. Selain itu, polisi juga memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak, Bogor.

"Karena, kondisi saat ini libur panjang di akhir pekan dan pasti akan berdampak pada peningkatan volume kendaraan," ujarnya.

Fitra memprediksi, peningkatan volume kendaraan di jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu, akan berlangsung pada hari ini hingga Minggu, 23 Agustus 2020.

"Prediksi kami, Sabtu nanti puncak kepadatannya. Dan saat itulah, arus wisatawan yang menuju ke Puncak bertemu dengan arus kendaraan yang akan pulang ke Jakarta," ungkapnya.

3. Arus balik ke Jakarta diprediksi terjadi pada hari Minggu

Mau Liburan ke Puncak Bogor? Siap-siap Terjebak Macet di 10 Titik IniPolres Cianjur, Jawa Barat menutup jalur menuju Puncak-Cipanas, seiring tingginya volume kendaraan yang melintas dari arah Bandung dan Bogor pada libur panjang akhir pekan, Kamis (20/8/2020). ANTARA/Ahmad Fikri/am.

Fitra memprediksi, peningkatan volume kendaraan akan didominasi oleh mereka yang menuju arah Jakarta, pada hari Minggu mendatang.

"Pada masa ini, diperkirakan sistem satu arah dari Cianjur menuju Bogor Jakarta akan lebih lama," ucap Fitra.

Meski begitu, peningkatan volume kendaraan itu akan dibarengi dengan rekayasa lalu-lintas, agar tidak terjadi penumpukan. Rekayasa lalu lintas itu berupa pemberlakuan one way atau satu arah secara tentatif.

"Untuk sistem satu arah, kami akan terapkan melihat kondisi arus lalu lintas di lapangan," ujarnya.

Sistem satu arah, kata Fitra, diberlakukan pada pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan ke Puncak. Sedangkan pada sore hari, ke arah sebaliknya atau menuju ke Jakarta.

"Kami siagakan petugas di titik-titik yang menurut kami rawan kemacetan. Hal ini untuk mengurangi potensi kemacetan dan penumpukan kendaraan," tuturnya.

Baca Juga: Asyik, Pemerintah Bakal Siapin Rest Area di Kawasan Puncak Bogor

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya