Mendapat Izin KNKT, Lion Air yang Tergelincir di Pontianak Dievakuasi

Seluruh penumpang dipastikan selamat

Jakarta, IDN Times - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-714 rute Jakarta-Pontianak mengalami insiden keluar landas pacu (over run) sesaat setelah mendarat di Bandara Udara Internasional Supadio, Pontianak Sabtu (16/2). Lalu bagaimana perkembangan terkini?

1. Pesawat tengah dievakuasi

Mendapat Izin KNKT, Lion Air yang Tergelincir di Pontianak DievakuasiTwitter/@lionairgroup

Berdasarkan keterangan yang diterima IDN Times, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan bahwa proses evakuasi dilakukan usai mendapat izin dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Saat ini, Lion Air bersama pihak pengelola bandar udara setempat, Lanud, dan instansi terkait sedang mempersiapkan proses evakuasi pesawat, karena sudah mendapatkan izin dari pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi," katanya di Pontianak Sabtu (16/2).

Baca Juga: Lion Air Tergelincir di Pontianak, Semua Penumpang Selamat

2. Lion Air tengah meminimalisir dampak peristiwa itu

Mendapat Izin KNKT, Lion Air yang Tergelincir di Pontianak DievakuasiTwitter/@@lionairgroup

Pihak Lion Air dikatakan Danang, tengah berupaya meminimalisir dampak yang timbul akibat peristiwa itu. Menurutnya, proses evakuasi penumpang sudah selesai dan sebagian besar telah meninggalkan terminal bandara.  "Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu," jelasnya.

3. Semua penumpang selamat

Mendapat Izin KNKT, Lion Air yang Tergelincir di Pontianak DievakuasiIDN Times/Reza Iqbal

Bertolak dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 13.50 WIB, Lion Air JT-714 membawa 180 penumpang dewasa dan dua bayi serta tujuh orang kru. Saat hendak mendarat di Pontianak, jarak pandang memenuhi persyaratan meski turun hujan.

Tidak disebutkan apa yang menyebabkan pesawat itu keluar landasan pacu. Namun semua penumpang dan kru pesawat dipastikan selamat.

"Seluruh penumpang dan kru sudah dievakuasi dengan keadaan selamat," demikian pernyataan tertulis Lion Air.

Lion Air juga memastikan pesawat JT-714 dalam kondisi laik terbang. Lion mengklaim pesawat jenis Boeing 737-800NG itu sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).

Meski begitu, Lion Air tetap meminta maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat insiden ini. Lion Air berjanji akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu.

Baca Juga: Lion Air Tergelincir di Pontianak, Semua Penumpang Selamat

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya