Comscore Tracker

Pangdam Jaya: FPI Halangi Satpol PP Tertibkan Baliho, Dia Ini Siapa?

Pangdam Jaya menilai banyak yang mendukung langkah TNI

Jakarta, IDN Times - Panglima Daerah Komando Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, Satpol PP diadang massa FPI saat baliho Rizieq Shihab diturunkan. Bahkan, Satpol PP didemo massa FPI.

"Diadang oleh FPI, kemudian didemo suruh masang lagi. Lah, emang dia siapa? Dia ini siapa? Organisasi apa? Kok pemerintah yang jelas-jelas Satpol PP itu jelas organisasinya, strukturnya sudah jelas, kok bisa takut mereka. Mereka (FPI) itu siapa?" katanya di Markas Kodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Senin (23/11/2020).

1. Yang coba masang baliho diam-diam akan ditangkap

Pangdam Jaya: FPI Halangi Satpol PP Tertibkan Baliho, Dia Ini Siapa?Foto ilustrasi. Peserta reuni 212 membawa bendera besar dengan wajah Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dudung mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mengimbau massa FPI taat dengan hukum. Proses penurunan baliho itu, kata Dudung, sudah berjalan sejak dua bulan lalu. Akan tetapi, jika massa FPI masih memaksa dan diam-diam memasang baliho, TNI akan menangkapnya.

"Oh pasti, sudah pasti kita tangkap. Nanti dengan Kapolda (Metro Jaya) kita tangkap," katanya.

Baca Juga: Penurunan Baliho Rizieq Dikritik, Pangdam Jaya: Yang Dukung Banyak

2. Baliho yang diturunkan bukan hanya milik FPI

Pangdam Jaya: FPI Halangi Satpol PP Tertibkan Baliho, Dia Ini Siapa?Poster pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Dudung menuturkan, poster atau baliho yang diturunkan bukan hanya milik FPI. Baliho yang dipasang secara ilegal juga diturunkan. Total, ada 900 baliho ilegal yang sudah diturunkan.

"Bukan (baliho) Habib Rizieq saja yang kita turunkan. Baru 900 (baliho yang diturunkan) ya, masih banyak. Saya masih dapat pengaduan dari masyarakat ini belum dicopot, ini juga belum. Kita akan terus bersinergi dengan Polri, Satpol PP. Dan sekarang bahkan ada masyarakat yang menurunkan," tuturnya.

3. Dudung menilai langkah TNI lebih banyak didukung ketimbang dikritik

Pangdam Jaya: FPI Halangi Satpol PP Tertibkan Baliho, Dia Ini Siapa?MayjenTNI Dudung Abdurachman Panglima Daerah Komando Militer Jaya/Jayakarta (Pangdam Jaya) TNI AD (Website/akmil.ac.id)

Tindakan Dudung ternyata tak sedikit menuai kritik. Menanggapi hal ini, Dudung tak mau ambil pusing. Sebab, masih banyak pihak yang mendukung TNI.

"Kritikan itu paling sedikit, yang dukungnya banyak. Yang mengkritik itu tidak tahu perjalanannya, ceritanya, bagaimana penurunan baliho," ujar Dudung.

Baca Juga: Panglima TNI Disebut Dukung Pangdam Jaya Turunkan Baliho Rizieq Shihab

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya