Comscore Tracker

PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Karena Tolak Vaksin?

Ribka terang-terangan menolak untuk disuntik vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning Proletariyati menjadi buah bibir sejak Selasa, 12 Januari 2021. Dalam rapat kerja perdana dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny Lukito dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, dia terang-terangan menolak untuk disuntik vaksin COVID-19.

Berdasarkan surat Fraksi PDIP DPR Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022 tertanggal 18 Januari 2021 yang diterima IDN Times, Ribka dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Lantas, apakah penolakan program vaksinasi COVID-19 menjadi alasan dirotasinya Ribka?

1. Rotasi bertujuan untuk mencari suasana baru

PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Karena Tolak Vaksin?IDN/sidratul muntaha

IDN Times sudah berupaya mengonfirmasi surat tersebut kepada Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto. Namun, ia tak memberikan respons. IDN Times kemudian mencoba menghubungi Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno.

Hendrawan mengatakan, ia tidak menerima surat mengenai rotasi tersebut. Dia lalu bertanya siapa yang membocorkan surat itu.

"Anda dapat copy surat (soal rotasi) dari mana atau siapa? Siapa yang membocorkan surat yang ditujukan kepada pimpinan DPR tersebut?" kata dia kepada IDN Times, Senin (18/1/2021) malam.

Dia meminta agar tak perlu melebih-lebihkan soal dirotasinya Ribka. Rotasi, kata dia, bertujuan untuk mencari suasana baru.

"Saya mendapat info (Ribka dirotasi) serupa. Tak perlu dilebih-lebihkan. (Rotasi) Tujuannya untuk keluar dari rutinitas dan mencari suasana baru. Dulu saya dipindah dari Komisi VI ke Komisi XI dalam rangka menambah indeks kesegaran gagasan," ucap Hendrawan.

Baca Juga: Tolak Vaksinasi, Ribka Tjiptaning Dinilai Blunder dan Bahayakan Publik

2. Empat anggota PDI Perjuangan lainnya juga dirotasi

PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Karena Tolak Vaksin?IDN Times/Margith Juita Damanik

Ribka ternyata tak dirotasi seorang diri. Dari surat tersebut, tercatat Johan Budi Sapto Pribowo dari Komisi II dirotasi ke Komisi III. Kemudian Gilang Dhielafararez dari Komisi VI ke Komisi III dan Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI.

Belum diketahui apa alasan mereka dirotasi. Tak hanya itu, Ihsan Yunus yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi VIII dirotasi menjadi anggota Komisi II. Nama Ihsan sendiri terseret dalam kasus suap bansos COVID-19. Kendati begitu, belum diketahui apakah hal itu yang menyebabkan Ihsan dirotasi.

3. Ini alasan Ribka menolak divaksin

PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Karena Tolak Vaksin?Anggota DPR Komisi IX dari fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning (Tangkapan layar YouTube DPR RI)

Sebelumnya, Ribka menolak divaksinasi. Alasannya, vaksin CoronaVac yang diberikan ke publik belum selesai uji klinis tahap ketiga. Vaksin buatan Tiongkok itu dibolehkan dikonsumsi publik setelah BPOM menilai efikasi vaksin mencapai 65,3 persen.

Selain itu, berdasarkan peristiwa imunisasi sebelumnya, penerima vaksin polio justru mengalami lumpuh layu di Sukabumi.

"Saya tetap gak mau divaksin, mau (ada vaksin) bisa disuntik untuk orang yang usianya 63 tahun, saya sudah 63 tahun (usianya). Misalnya kami hidup di DKI Jakarta lalu kami dikenakan sanksi Rp5 juta, mending gue bayar dengan jual mobil kek," ungkap Ribka saat rapat dengar pendapat di gedung Parlemen, Senayan, Selasa, 12 Januari 2021.

"Saya pertama yang bilang saya menolak vaksin. Kalau dipaksa ini akan jadi pelanggaran HAM lho. Gak boleh dipaksa begitu," tutur dia.

Baca Juga: Ribka Tjiptaning Tolak Divaksinasi COVID-19, PDIP: Itu Sikap Pribadi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya