Comscore Tracker

Pelantikan Presiden Usai, Jalan Sekitar Gedung DPR Kembali Dibuka

Sebagian lajur masih ditutup

Jakarta, IDN Times - Ruas jalan di sekitar Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat kembali dibuka. Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menutup beberapa ruas jalan itu sejak Selasa (15/10) hingga Minggu (20/10).

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, ruas jalan yang ditutup itu sudah dibuka sejak Minggu (20/10) malam.

"Penutupan DPR sudah dibuka tadi malam pukul 22.30 WIB. Tapi, hanya (lajur) Transjakarta dan 1 lajur arteri dan masih ada MCB (Moveable Concrete Barrier) di jalur arteri tersebut," kata Nasir kepada IDN Times di Jakarta, Senin (21/10) pagi.

1. Tidak ada pengalihan arus lalu lintas

Pelantikan Presiden Usai, Jalan Sekitar Gedung DPR Kembali DibukaIDN Times/Axel Jo Harianja

Saat ditanyai kapan lajur-lajur yang masih tertutup akan dibuka total, Nasir belum dapat memastikannya. Akan tetapi, ia menegaskan, bahwa tidak ada lagi pengalihan arus lalu lintas.

"Belum dapat info lagi (kapan lajur yang masih ditutup akan dibuka)," terangnya.

2. Jokowi dan Ma'ruf resmi pimpin Indonesia lima tahun ke depan

Pelantikan Presiden Usai, Jalan Sekitar Gedung DPR Kembali DibukaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sebelumnya, acara pelantikan presiden dan wakil presiden sudah selesai dilaksanakan pada Minggu (20/10) sekitar pukul 17.00 WIB di Gedung MPR RI.

Jokowi-Ma'ruf Amin berhasil mengalahkan seterunya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan perolehan suara 85.607.362 atau 55,50 persen.

Baca Juga: Jokowi Akan Perkenalkan Menteri Kabinet Kerja Jilid II Hari Ini

3. Jokowi akan perkenalkan Menteri Kabinet kerja jilid II hari ini

Pelantikan Presiden Usai, Jalan Sekitar Gedung DPR Kembali DibukaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan memperkenalkan menteri Kabinet Kerja jilid II hari ini, Senin (21/10). Banyak rumor beredar tentang susunan menteri Jokowi, sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden, namun Istana membantahnya.

Sebelum pelantikan kemarin, Jokowi sempat menyatakan akan mengumumkan nama-nama menteri hari ini. Dia juga mengimbau agar rakyat bersabar.

"Sudah rampung, sudah selesai. Besok pagi (hari ini) saya kenalkan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, sebelum berangkat ke gedung MPR/DPR, Minggu (20/10).

Jokowi menjelaskan Senin pagi dipilihnya untuk mengumumkan susunan menteri, lantaran sore harinya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin harus bertolak ke Jepang, untuk menghadiri acara penobatan kaisar Jepang yang baru, Naruhito.

Perihal kapan pelantikan menteri digelar, Jokowi mengatakan, akan secepatnya dilakukan usai pengumuman susunan Kabinet Kerja jilid II.

"Dikenalkan dulu, kemudian dilantik. Kalau sudah dikenalkan, pasti dilantik," ujar dia.

Jokowi juga sebelumnya mengatakan komposisi menteri Kabinet Kerja jilid II, akan diisi 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen berasal dari partai politik.

Jokowi juga menyebutkan masih ada sejumlah menteri lama yang dipertahankan, namun akan ada banyak wajah baru di dalam Kabinet Kerja jilid II.

Baca Juga: Mahfud MD: Jokowi Lantik Menteri Baru Rabu Besok

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You