Warna Bendera Selandia Baru Hiasi JPO GBK Perintah Anies Baswedan

Penayangan lampu bentuk dukungan kepada keluarga korban

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta turut berduka atas penembakan yang terjadi di Kota Christchurch, Selandia Baru, yang menyebabkan 49 orang meninggal dunia.

Untuk itu Pemprov DKI akan memasang lampu dengan warna bendera Selandia Baru di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno (GBK) selama seminggu.

1. Warna bendera Selandia Baru di JPO GBK

Warna Bendera Selandia Baru Hiasi JPO GBK Perintah Anies BaswedanTwitter Naufal Firman Yursak, @firmanyursak

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho mengatakan, penayangan kombinasi warna di JPO GBK itu merupakan bentuk dukungan Jakarta kepada keluarga korban penembakan massal di dua masjid di Selandia Baru.

“Ini sesuai dengan arahan Pak Gubernur (Anies Baswedan),” ujarnya Sabtu (16/3).

Baca Juga: Turut Berduka, Pemprov DKI Tampilkan Bendera Selandia Baru di JPO GBK

2. Kombinasi warna lampu di JPO akan selama seminggu

Warna Bendera Selandia Baru Hiasi JPO GBK Perintah Anies BaswedanTwitter Naufal Firman Yursak @firmanyursak

Hari melanjutkan, selama satu minggu ke depan, setiap harinya kombinasi warna di JPO GBK akan terus menayangkan bendera Selandia Biru. Sejak tadi malam, JPO GBK telah menayangkan tiga kombinasi warna yang ada di bendera tersebut yakni merah, biru, dan putih.

“Sejak tadi malam, selama seminggu akan terus dinyalakan. Mulai dari pukul 18.00 hingga 05.00 pagi,” kata Hari.

3. Anies turut berduka cita atas kejadian penembakan di Selandia Baru

Warna Bendera Selandia Baru Hiasi JPO GBK Perintah Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut berduka cita. Ucapan duka disampaikan Anies melalui akun media sosialnya.

"Atas nama warga Jakarta, kami turut berbelasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas Muslim di Selandia Baru," ujar Anies dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya, Jumat(15/3) kemarin.

Anies juga mengatakan, Jakarta bersama dalam solidaritas dengan warga Christchurch. Warga di kota itu, lanjut Anies, terkenal karena kedamaian, keterbukaan, dan keramahan terhadap semua orang dari berbagai golongan.

"Kami percaya pemerintah Selandia Baru sedang menangani tragedi ini dengan serius dan keadilan pasti akan ditegakkan," ucap Anies.

4. Penembakan terjadi di dua masjid di Selandia Baru

Warna Bendera Selandia Baru Hiasi JPO GBK Perintah Anies BaswedanIDN Times/Sukma Shakti

Seperti diberitakan sebelumnya, penembakan terjadi di dua masjid di Selandia Baru, yakni Masjid Deans Avenue dan Masjid di Linwood. Penembakkan terjadi ketika warga muslim di kota tersebut sedang menggelar salat Jumat.

Komisioner kepolisian Selandia Baru, Mike Bush, mengatakan serangan di Masjid Deans Avenue menyebabkan 41 orang meningga. Sementara serangan di Masjid Linwood mengakibatkan 8 orang tewas.

Polisi setempat langsung menangkap tiga laki-laki dan seorang perempuan yang diduga terlibat penyerangan terhadap dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru. Salah seorang pelaku diketahui bernama Brenton Tarrant, warga negara Australia. 

Baca Juga: Turut Berduka, Pemprov DKI Tampilkan Bendera Selandia Baru di JPO GBK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya