Comscore Tracker

Pengakuan Habibie ke Hanung Kenapa Tak Mau Lagi Jadi Presiden 

Hanung ungkap Habibie tak pernah intervensi pembuatan film

Jakarta, IDN Times - Sutradara Hanung Bramantyo mengungkapkan, Habibie adalah orang yang sangat jenius. Kendati demikian, Presiden ke-3 RI itu tidak pernah memaksakan kehendaknya.

"Dia seorang jenius tapi bukan berarti hanya berurusan dengan teknologi yang ivonatif, tapi buat saya adalah ketika kita membuat film, Beliau bilang kepada kita, 'kita di sini sedang tidak bikin pesawat. Kalau kita bikin pesawat semuanya ikut saya. Karena di antara kalian saya yang paling pintar soal pesawat. Tapi soal film, saya akan ikut kamu'", cerita Hanung menirukan perkataan Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

"Jadi dia sama sekali tidak pernah mengintervensi filmnya harus begini, harus begitu," sambung Hanung.

Dia pernah bertanya kepada Habibie, mengapa Bapak Teknologi Indonesia itu tidak mencalonkan diri lagi menjadi presiden setelah Film 'Habibie dan Ainun' sukses di pasar perfilman Indonesia. Apa jawab Habibie?

"Lalu jawaban Eyang yang sangat menyentuh saya, 'udah gak ada ibu (Ainun). Saya bisa seperti ini karena ada ibu'. Jadi memang peran istri buat dia sangat berarti sekali,'' kata Hanung.

BJ Habibie wafat di usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto. Habibie diketahui mengalami masalah jantung saat dilarikan ke ICU RSPAD pada 2 September lalu.

Upacara pemakaman dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo. Habibie dimakamkan di samping makam istrinya, almarhumah Ainun Habibie, Kamis (12/9).

Baca Juga: Pidato Terakhir untuk Habibie, Jokowi: Selamat Jalan Mr. Crack

Topic:

  • Sunariyah

Just For You