Comscore Tracker

Pengelola TMP Kalibata: BJ Habibie Terakhir Ziarahi Ainun Agustus

Habibie biasanya berziarah bersama keluarga setiap Jumat

Jakarta, IDN Times - Salah satu penggali kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Saudi mengungkapkan, Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) tak lagi mendatangi tempat pemakaman sang istri, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, sejak ia sakit.

Saudi mengatakan, Habibie bersama keluarganya biasanya selalu rutin berziarah ke makam istri tercintanya setiap Jumat.

"Mungkin kalau bisa dibilang bulan kemarin. Antara Agustus lah dia masih sempat ke sini. Setelah dia sakit itu sampai dipanggil oleh Yang Maha Kuasa sudah tidak datang," kata pria 37 tahun itu kepada IDN Times, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Pria yang sudah bekerja di TMP Kalibata selama 15 tahun itu mengaku, beberapa kali memang bertemu Habibie.

"Kalau ketemu sering pada saat saya di (menjadi) satpam. Saya sebelumnya di satpam, terus ditugaskan sebagai penggali (makam) dalam setahun dua tahun ini," ujar Saudi.

Saudi menyebut makam Habibie memang telah dipesan negara, bukan atas permintaan Habibie. "Kalau dari dia sendiri, mungkin gak. Tapi negara, sudah menyediakan tempat untuk di Makam Pahlawan. Kebetulan juga di sebelah itu (makam Ainun) kosong," kata dia.

Tim penggali makam Habibie, kata Saudi, juga sudah ditentukan dari pemerintah. Tim beranggotakan 10 hingga 12 orang. Dalam menggali makam, biasanya mereka membutuhkan waktu sekitar tiga jam.

"Dari pihak Setneg atau dari Garnisun yang mengkoordinir kita untuk melakukan penggalian," jelas dia.

Upacara pemakaman BJ Habibie di TMP, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) dilakukan hari ini, Kamis (12/9) pukul 14.00 WIB. Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan seluruh pejabat negara hingga tokoh hadir dalam pemakaman ini.

Pemakaman Habibie menyita perhatian masyarakat. Mereka yang sedari awal melihat prosesi pemakaman pun langsung menyerbu makam Habibie, untuk mengabadikan tempat peristirahatan terakhir Habibie.

"Ayo udah-udah gantian," ujar seorang warga yang tengah mengabadikan momen itu.

Upacara pemakaman dimulai sekitar pukul 13.30 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB. Selain Jokowi, upacara pemakaman ini juga dihadiri sejumlah mantan presiden dan wakil presiden, mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, Tri Sutrisno, Budiono, Jusuf Kalla, hingga istri mantan presiden Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah. Sejumlah menteri juga hadir dalam pemakaman ini, selain pihak keluarga besar Habibie.

BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Habibie diketahui mengalami gagal jantung saat dilarikan ke ICU RSPAD pada 2 September lalu. Habibie dimakamkan tepat di samping pusara sang istri, Ainun Habibie.

Baca Juga: Karangan Bunga Pertama dari Jokowi untuk Mendiang Habibie

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You