HKB 2019, Kepala BNPB: Tren Bencana di Indonesia Meningkat Tiap Tahun

Pentahelix jadi solusi kurangi tingginya korban bencana

Bandung, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dalam sambutannya, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengapresiasi segala pihak yang berpatisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi tinggi dan ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak untuk menyelenggarakan Hari Kesiapsiagaan Bencana serentak pada pagi hari ini," ujar Doni di Sesko TNI AU, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/4).

1. Tren bencana di Indonesia terus meningkat setiap tahun

HKB 2019, Kepala BNPB: Tren Bencana di Indonesia Meningkat Tiap TahunKepala BNPB Doni Monardo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dalam kesempatan itu, Doni memaparkan, tren bencana di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahun. Berdasarkan data, lanjut Doni, jumlah kejadian bencana sebanyak 2.572 dan telah mengakibatkan korban manusia sebanyak 4.814 meninggal dan hilang, 21.064 orang luka-luka pada 2018.

"Dan 10,2 juta orang mengungsi serta dengan kerugian mencapai lebih dari 100 triliun rupiah, baik kerugian material maupun lainnya," sambung Doni.

2. Konsep Pentahelix menjadi solusi mengurangi risiko tingginya korban bencana

HKB 2019, Kepala BNPB: Tren Bencana di Indonesia Meningkat Tiap TahunKepala BNPB Doni Monardo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Untuk mengatasi risiko meningkatnya korban bencana, BNPB mengenalkan konsep pentahelix yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar sigap dalam menghadapi bencana.

"Konsep Pentahelix adalah solusi. Ada lima pihak yang harus diajak serta. Unsurnya terdiri atas ABCGM: Akademisi (Academician), Bisnis (Business), Komunitas (Community), Pemerintah (Government), dan Media. Kata kuncinya tetap sama, gotong-royong yang merupakan implementasi dari sila Pancasila," jelas Doni.

3. Slogan "Siap untuk Selamat" mengedepankan empat hal. Apa saja?

HKB 2019, Kepala BNPB: Tren Bencana di Indonesia Meningkat Tiap TahunHKB 2019 di Bandung (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sejak 2017, BNPB menginisiasi suatu gerakan peningkatan kesadaran dan kesiapsiagaan nasional untuk menghadapi bencana, dalam bentuk Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang dilaksanakan setiap 26 April.

Slogan “Siap untuk Selamat” mengedepankan empat hal, yaitu pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini.

"Yang terakhir, adalah memberi perhatian pada peningkatan kapasitas lembaga, sumber daya manusia, penguatan anggaran untuk pencegahan dan penanggulangan bencana di masa yang akan datang," ungkap Doni.

Diketahui, HKB serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari kementerian/lembaga, TNI, Polri, dunia usaha, perguruan tinggi, hingga masyarakat. Selain itu, tercatat di situs siaga.bnpb.go.id, yaitu sejumlah 53.086.119 partisipan berkomitmen untuk berpartisipasi dalam HKB.

Baca Juga: Ini Pertolongan Pertama Pada Korban Bencana yang Wajib Kamu Pahami

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya