Comscore Tracker

Pertama Kalinya Jokowi Sumbang Sapi Kurban 946 Kg ke Pulau Tidung

Hewan kurban akan didistribusikan ke masyarakat setempat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyumbangkan seekor sapi kurban ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Sapi kurban itu dikirim melalui Pelabuhan Kali Adem di Jakarta Utara, pada Rabu 29 Juli 2020.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, kiriman sapi kurban dari Jokowi merupakan yang pertama kalinya di Kepulauan Seribu.

"Kami sangat bangga mendapat perhatian langsung dari bapak Presiden,” Kata Husein di Dermaga Kaliadem, Jakarta Utara, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (30/7/2020).

1. Hewan kurban akan didistribusikan ke masyarakat Kepulauan Seribu

Pertama Kalinya Jokowi Sumbang Sapi Kurban 946 Kg ke Pulau TidungSeekor sapi kurban sumbangan dari Presiden Joko Widodo dikirim ke Kepulauan Seribu, melalui Pelabuhan Kaliadem di Jakarta Utara, Rabu (29/7/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Husein menjelaskan, sapi kiriman Presiden seberat 946 kilogram itu dibawa ke Pulau Tidung, yang merupakan pulau dengan penduduk paling banyak.

Selain sapi kurban kiriman Presiden, warga Kepulauan Seribu juga mendapat sapi dan kambing kurban dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Baznas dan NU.

"Nantinya hewan kurban akan langsung distribusikan ke pulau-pulau dan diterima oleh masyarakat," kata Husein.

Baca Juga: Jokowi Beli Sapi Kurban dari Peternak Samarinda Seharga Rp79 Juta

2. Semua hewan kurban dipastikan sehat dan layak konsumsi

Pertama Kalinya Jokowi Sumbang Sapi Kurban 946 Kg ke Pulau Tidung"Gombloh" sapi dari peternak sapi di Bantul dipilih Presiden Joko Widodo sebagai sapi kurban. IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, semua hewan kurban itu telah diperiksa, dinyatakan sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Untuk diketahui, sebanyak 12 ekor sapi dan 32 ekor kambing akan didistribusikan ke 11 pulau melalui Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara. Sapi dan kambing dikirim menggunakan kapal tradisional bersama hewan kurban lainnya untuk nantinya dibagikan kepada warga pulau.

3. Doa menyembelih hewan kurban

Pertama Kalinya Jokowi Sumbang Sapi Kurban 946 Kg ke Pulau TidungIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Umat Muslim akan merayakan Iduladha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020. Hari raya tersebut berhubungan langsung dengan penyembelihan hewan kurban.

Dalam Islam, penyembelihan hewan kurban memiliki makna penyempurnaan ibadah. Hal ini bisa dilihat di dalam Surah Al-Kautsar ayat 2, Allah berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. [الكوثر

Artinya: "Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan dalam tiga hari tasyrik, yaitu 11-13 Zulhijah. Tentunya, terdapat doa dan tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam.

Berikut ini doa saat hendak menyembelih hewan kurban dan tata cara penyembelihannya. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa nomor 12 tahun 2009 tentang Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, tepat sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban, terdapat doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan terlebih dahulu. Doa tersebut sebagai harapan agar Allah menerima ibadah kurban tersebut.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya: "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku."

4. Tata cara menyembelih hewan kurban

Pertama Kalinya Jokowi Sumbang Sapi Kurban 946 Kg ke Pulau TidungIlustrasi Hewan Kurban (IDN Times/Besse Fadhilah)

Terdapat beberapa tahapan dalam melakukan penyembelihan hewan kurban. Pertama, tentunya seseorang yang hendak menyembelih hewan kurban membaca basmalah. Kedua, diikuti bacaan selawat untuk Nabi Muhammad.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ Muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad.

Artinya, "Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya."

Langkah ketiga yaitu hewan yang hendak disembelih menghadap ke arah kiblat, begitu pula dengan orang hendak menyembelih. Posisi hewan kurban dibaringkan di atas lambung sebelah kiri dan posisikan lehernya menghadap kiblat.

Setelah posisi sudah disesuaikan, dengan diiringi dengan bacaan takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

Selanjutnya mengucapkan doa hendak menyembelih hewan kurban:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

"Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm".

Terdapat satu poin penting lainnya dalam penyembelihan hewan kurban, yaitu menggunakan alat sembelih yang sangat tajam. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad yang berbunyi:

"Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik dalam segala hal... jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihannya.” (H.R. Muslim).

Baca Juga: Biar Gak Amsyong, Ini Tips Membeli Hewan Kurban 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya