Comscore Tracker

Polisi Cek Video CCTV Perusakan Pagar Halte Tosari Saat Hari Buruh 

CCTV diperiksa untuk mengetahui ciri-ciri pelaku

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono, mengatakan bahwa pihaknya tengah memeriksa video atas peristiwa perusakan pagar pembatas di Halte TransJakarta Tosari dan aksi vandalisme di separator TransJakarta. Perusakan itu terjadi pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Jakarta, Rabu (1/5) lalu.

"Kita sudah mendapatkan video (perusakan pagar pembatas di Halte Tosari). Tim sedang bergerak untuk melakukan penyelidikan dan sampai sekarang masih bekerja," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (3/5).

1. CCTV di sekitar Halte diperiksa untuk mengetahui ciri-ciri pelaku

Polisi Cek Video CCTV Perusakan Pagar Halte Tosari Saat Hari Buruh Ilustrasi CCTV/fortresscomms.com

Argo mengungkapksn, polisi juga akan memeriksa CCTV yang berada di sekitar Halte Transjakarta Tosari. Pemeriksaan itu dilakukan guna mengetahui ciri-ciri pelaku perusakan pagar pembatas tersebut.

"Kemudian kita masih berkoordinasi dengan Pemprov DKI berkaitan dengan CCTV di sana (sekitar Halte Transjakarta Tosari). Kita tunggu saja, anggota tim sedang bekerja," ungkap Argo.

Baca Juga: Pagar Halte Tosari Dirusak Saat May Day, Polisi Bentuk Tim Khusus

2. Polisi belum mengetahui apakah aksi perusakan pagar Halte Tosari berkaitan dengan peristiwa perusakan di kota lain

Polisi Cek Video CCTV Perusakan Pagar Halte Tosari Saat Hari Buruh IDN Times/Axel Jo Harianja

Argo menuturkan, pihaknya saat ini masih terus mendalami apakah aksi perusakan pagar di Halte Tosari ada kaitannya dengan aksi serupa seperti yang dilakukan oleh kelompok anarkis di Bandung maupun kota-kota lainnya.

"Itu nanti akan kita ketahui (keterkaitan aksi di Jakarta dan kota lainnya) setelah pelaku kita tangkap. Kita periksa dulu, baru kita bisa mengetahui. Jadi, sekarang sabar dulu, anggota masih bekerja," tutur Argo.

Lebih lanjut, Argo meminta kepada masyarakat agar tidak membuat spekulasi terkait keterkaitan aksi perusakan dan vandalisme di Jakarta dengan kota lainnya.

"Kita tidak bisa berandai-andai. Kita harus meminta keterangan pelaku dan saksi. Kita masih bekerja dan semuanya tidak menutup kemungkinan misalnya ada kaitan (aksi di Jakarta) dengan kota lain," jelas Argo.

3. PT. TransJakarta melaporkan kejadian itu ke polisi

Polisi Cek Video CCTV Perusakan Pagar Halte Tosari Saat Hari Buruh (Dirut TransJakarta Agung Wicaksono) IDN Times/Helmi Shemi

Dirut TransJakarta, Agung Wicaksono, sebelumnya mengatakan akan melaporkan kejadian itu kepada polisi. Agung menilai, terdapat aksi vandalisme di sejumlah fasilitasnya dan perusakan di Halte TransJakarta Tosari.

"Kami akan usut dan laporkan kepada pihak berwajib atas kejadian perusakan ini. Aset-aset yang dirusak adalah aset milik publik dan digunakan bersama, sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk selalu menjaga dan memeliharanya," kata Agung melalui keterangan tertulis, Rabu (1/5) lalu.

4. Pagar halte TransJakarta Tosari dirusak

Polisi Cek Video CCTV Perusakan Pagar Halte Tosari Saat Hari Buruh IDN Times/Dokumen Istimewa

Sebelumnya sempat diberitakan terjadi keributan di Jakarta pada Hari Buruh kemarin tepatnya di depan Halte TransJakarta Tosari. Tak hanya itu, ada juga aksi coret-coret separator bus TransJakarta di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Hingga saat ini, belum diketahui apakah massa tersebut adalah kaum buruh atau penyusup yang ingin memperkeruh suasana.

Baca Juga: Muncul Kelompok Anarko saat Hari Buruh, Polisi Usut Aktor dan Motifnya

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya