Comscore Tracker

Pesan Wakapolri Bagi Pemudik: Siapkan Mental untuk Kemacetan

Ia minta CCTV pelabuhan Merak diperbanyak untuk keamanan

Cilegon IDN Times - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto hari ini meninjau salah satu fasilitas bagi pemudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Dalam kesempatan itu, ia mengimbau para pemudik harus menyiapkan mental ketika terjadi kemacetan.

"Yang perlu kita siapkan adalah jalur ini jalur orang yang mau mudik. Sehingga, mental mereka sudah siap kalau terjadi kemacetan dan lain sebagainya," ungkap Ari di Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (31/5).

"Karena, fenomena mudik ini kan kita tahu bersama. Untuk Indonesia, mudik pasti macet, macetnya kita harapkan tidak seperti yang dulu lagi," sambungnya.

Untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para pemudik, kata Ari, pemerintah sudah memperisiapkan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan saat menjalankan kegiatan mudik Lebaran.

"Sekarang pemerintah sudah mempersiapkan dengan fasilitas tenda-tenda, kemudian kipas angin yang pakai air. Kemudian di tol juga mungkin bisa dipersiapkan toilet portable kalau tol sampai (macet) panjang," katanya.

Berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Kapolda Banten Irjen Pol.Tomsi Tohir, Ari mengatakan peningkatan arus mudik yang menggunakan fasilitas Pelabuhan Merak cukup signifikan sejak kemarin malam. Peningkatan pengguna kendaraan roda empat sekitar 56 persen dan pengguna roda dua mencapai angka 200 persen.

"Ini suatu fenomena yang mungkin, ada suatu stimulus adanya perbaikan infrastruktur. Di mana, masyarakat ingin mencoba bagaimana jalan laut yang sekarang," jelasnya.

"Tapi, apapun ceritanya, tidak mungkin pelabuhan ini dibesarkan hanya untuk lebaran saja. Tapi ada upaya dari pemda dan pihak pelabuhan sudah meningkatkan fasilitas," sambung Ari.

Mantan Kapolda Sulawesi Tengah itu pun berharap, pelayanan di Pelabuhan Merak terus ditingkatkan. Salah satunya, meningkatkan akses kecepatan saat masuk ke Pelabuhan dengan menggunakan KTP elektronik (e-KTP).

"Untuk kecepatan pelayanan, upayakan untuk pakai scan KTP. Teknologi semua ada, tinggal kita gunakan aja. Mungkin bisa nanti pakai kamera. Bayar, kan sudah ada datanya. Kita kan sudah e-KTP, jadi tinggal bayar saja," ungkap Ari.

Selain itu menurutnya, saat mudik, kriminalitas juga akan tetap ada. Untuk itu, jenderal bintang tiga ini pun meminta agar pihak Pelabuhan meningkatkan keamanan dengan memperbanyak CCTV. 

"Persoalan-persoalan ini akan terus ada dan mungkin ada kejahatan-kejahatan di sekitar Pelabuhan. Mungkin CCTV di pelabuhan mulai diperbanyak," katanya.

Dalam peninjauan ini, turut hadir Kabaintelkam Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Polri Irjen Pol. Muktiono dan Kabag Penum Kombes Pol. Asep Adi.

Baca Juga: Tinjau Pelabuhan Merak, Wakapolri: Saya Merasa Bangga

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You