Comscore Tracker

Polda Metro Jaya: Ganjil-Genap Berlaku Setelah PSBB Berakhir

Volume arus lalu lintas mulai meningkat

Jakarta, IDN Times - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan ada peningkatan volume arus lalu lintas pada hari ini. Sebab pihaknya tak menerapkan ganjil-genap sejak PSBB diterapkan di Ibu Kota.

Meski begitu, Sambodo tak menjelaskan lebih detail berapa jumlah peningkatan volume arus lalu lintas tersebut.

"Ganjil-genap nanti berlaku setelah PSBB berakhir," jelas Sambodo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (2/6).

1. Akan berkoordinasi dengan Dishub DKI usai PSBB berakhir

Polda Metro Jaya: Ganjil-Genap Berlaku Setelah PSBB BerakhirIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi dan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, terkait penerapan ganjil-genap kembali.

"Kami observasi lagi terakhir karena fakultatif (tidak wajib). Kadang-kadang (volume kendaraan) naik, kadang-kadang turun," kata Fahri.

2. Ganjil-genap bukan hanya satu opsi untuk mengurai kemacetan

Polda Metro Jaya: Ganjil-Genap Berlaku Setelah PSBB BerakhirKasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Fahri mencontohkan, untuk kendaraan yang masuk ke Ibu Kota tidak terlalu banyak. Sedangkan kendaraan yang ada di dalam kota, ada kenaikan sekitar 4 persen. Namun, dia tak menjelaskan lebih rinci berapa jumlah peningkatan kendaraan tersebut.

"Mengurai kemacetan tidak hanya menggunakan gage (ganjil-genap), tapi bisa juga dengan management lain misalnya rekayasa, buka tutup, alih arus. Bagaimana pentingnya nanti? Kita lihat tanggal 4 Juni," ungkap Fahri.

3. Ganjil-genap ditiadakan sejak PSBB diterapkan

Polda Metro Jaya: Ganjil-Genap Berlaku Setelah PSBB BerakhirANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Untuk diketahui, ganjil-genap ditiadakan sejak Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB pada Jumat (10/4) lalu. DKI Jakarta sendiri telah menerapkan PSBB sebanyak tiga tahap, dan akan berakhir pada Kamis (4/6) mendatang.

Baca Juga: Jokowi Minta Evaluasi Perbandingan Daerah Non-PSBB dan PSBB

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya