Polisi Sudah Identifikasi Pelaku Pembobolan Rekening Ilham Bintang

Kasus Ilham Bintang naik ke penyidikan

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, pihaknya sudah mengidentifikasi pelaku pembobolan rekening wartawan senior, Ilham Bintang. Saat ini, terduga pelaku masih dikejar.

"Ini masih kita lakukan pengejaran dan sudah ada beberapa kita identifikasi. Mudah-mudahan, hari ini atau besok kita umumkan. Karena memang pelakunya sebagian besar tidak ada di Jakarta," jelas Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/2).

Baca Juga: Rekening Ilham Bintang Dijebol, Polisi Periksa Staf Ahli Bank BNI

1. Kasus Ilham Bintang naik ke penyidikan

Polisi Sudah Identifikasi Pelaku Pembobolan Rekening Ilham BintangJurnalis senior Ilham Bintang saat melapor ke pihak berwajib. (Facebook/Ilham Bintang)

Yusri sebelumnya mengatakan, kasus lham Bintang sudah naik ke tahap penyidikan.

"Unsur-unsurnya sudah memenuhi, beberapa saksi sudah kita periksa dan kasusnya sudah kita naikkan menjadi penyidikan," kata Yusri.

Yusri menjelaskan, polisi sudah memeriksa beberapa saksi terkait seperti pihak Satelindo (Indosat), manajemen Bank BNI hingga pihak ATM Commonwealth Bank. Meski begitu, dia enggan membeberkan nama-nama dari saksi tersebut. Saat ini, polisi masih memburu keberadaan tersangka.

"(Kasus) Ini sudah memenuhi unsur pasal pencurian yang ada sesuai persangkaan saudara Ilham Bintang," jelas Yusri.

2. Rekening Ilham dijebol lewat SIM Card

Polisi Sudah Identifikasi Pelaku Pembobolan Rekening Ilham Bintang(Ilustrasi) IDN Times/Lazuardi Putra

Dilansir dari Antara, nomor kartu atau SIM Card ponsel Ilham dicuri. Buntut pencurian tersebut, uang ratusan juta rupiah di dalam rekening bank miliknya pun dibobol sang pelaku.

Ilham lantas melaporkan kasus pembobolan ponsel dan rekening itu ke Polda Metro Jaya pada Jumat (17/1) lalu. Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/349/I/Yan 2.5/2020/SPKT PMJ tertanggal 17 Januari 2020.

3. Kasus bermula ketika kartu SIM Ilham tak dapat diakses

Polisi Sudah Identifikasi Pelaku Pembobolan Rekening Ilham BintangIlustrasi Mesin ATM (IDN Times/Sukmashakti)

Kasus ini bermula ketika kartu SIM Ilham tak bisa dipergunakan. Kala itu, Ilham tengah liburan akhir tahun ke Australia. Padahal, Ilham sudah membeli paket "roaming".

Saat mengecek ATM Commonwealth Bank di Melbourne pada Senin (6/1) lalu, rekeningnya ternyata dikuras habis. Ilham kemudian melapor ke polisi di Melbourne dan langsung membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya. Pasal yang dilaporkan dalam laporan Ilham yakni Pasal 363 terkait pencurian dengan pemberatan.

Baca Juga: Rekening Ilham Bintang Dijebol, Manajemen Indosat Diperiksa Polisi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya