Polri: 14 Pati yang Sertijab di Mabes Polri Negatif Virus Corona

Eks Kapolda Bengkulu positif virus corona usai sertijab

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan memastikan, seluruh perwira tinggi (Pati) yang serah terima jabatan (sertijab) di ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat (8/5) lalu, negatif dari virus corona atau COVID-19.

"Pusdokkes Polri telah ambil langkah, memeriksa Perwira Tinggi yang hadir dalam acara tersebut dan hasil pemeriksaan semua negatif," ucap dia di Mabes Polri, Kamis (24/5).

1. Polri pastikan semua Pati melalui protokol ketat terkait COVID-19

Polri: 14 Pati yang Sertijab di Mabes Polri Negatif Virus CoronaMantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman saat berpamitan pindah tugas dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri (Dok. ANTARA News)

Sebelumnya, mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Supratman dinyatakan positif COVID-19 sehari setelah menjalankan sertijab di Mabes Polri. Supratman dimutasikan menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Teguh Sarwono.

Terkait hal ini, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono menegaskan, pelaksanaan sertijab sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Jadi, peserta yang mengikuti acara sertijab dilakukan pengukuran suhu badan. Hasilnya normal, serta dilakukan rapid test terlebih dahulu dan saat itu hasilnya negatif tidak ada yang reaktif," jelas Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (12/5).

Argo menjelaskan, physical distancing juga diterapkan selama sertijab. Selain itu, setiap perwira tinggi (Pati) Polri diberikan mimbar.

''Masing-masing ada IPAD-nya untuk penandatanganan berita acara serah terima jabatan secara online. Tidak ada kontak langsung," katanya.

Baca Juga: Sempat Sertijab, Eks Kapolda Bengkulu Irjen Supratman Positif COVID-19

2. Polri tegaskan virus corona bukanlah aib

Polri: 14 Pati yang Sertijab di Mabes Polri Negatif Virus CoronaKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Argo berharap, semua orang yang terjangkit virus corona dapat kembali sembuh. Selain itu, polisi kata Argo, berisiko tertular virus corona karena sering bertemu banyak orang.

"Itu risikonya dan kami minta doa dari seluruh masyarakat agar yang terpapar segera diberikan kesembuhan dan segera bisa kembali bekerja. Corona bukan aib. Marilah kita semua berdoa untuk kesembuhannya (Irjen Supratman)," ungkap Argo.

3. Diduga terpapar COVID-19 saat masih bertugas di Bengkulu

Polri: 14 Pati yang Sertijab di Mabes Polri Negatif Virus CoronaMantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman sebelum dinyatakan positif COVID-19 saat mengunjungi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Dok. ANTARA News)

Berdasarkan hasil uji swab, nama Supratman masuk dalam daftar 23 orang positif COVID-19. Hal itu diumumkan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu pada Sabtu (9/5) lalu. Jenderal bintang dua itu, diduga terpapar virus corona saat masih bertugas di Bengkulu.

"Beliau saat ini dalam kondisi sehat. Beliau juga telepon saya mengatakan jika dia tidak memiliki gejala apapun. Beliau disiplin melakukan isolasi dan penanganan dengan baik," ucap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah seperti dikutip dari Antara.

Rohidin menambahkan, selain Supratman, ada empat perwira polisi lainnya di Bengkulu yang dinyatakan positif COVID-19. Dalam rilis tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Bengkulu, kasus nomor 36 yang merupakan Supratman itu memiliki riwayat kontak dengan kasus nomor 12. Dia merupakan, perwira polisi di Polda Bengkulu.

"Kita sudah mulai melakukan tracing terhadap klaster aparat keamanan ini. Kita akan telusuri siapa saja yang pernah kontan dengan empat aparat yang dinyatakan positif. Ketika data sudah didapat, semuanya akan kita lakukan rapid test dan akan dikarantina," ujar Rohidin.

4. Ini 14 Pati Polri yang hadir dalam sertijab di Mabes Polri Jumat (8/5) lalu

Polri: 14 Pati yang Sertijab di Mabes Polri Negatif Virus CoronaPelantikan Perwira Tinggi Polri, Jumat (8/5) (Dok. Humas Polri)

1. Irwasum Polri Komjen Pol. Agung Budi
2. Kabaintelkam Polri Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel
3. Kapolda Jawa Tengah Brigjen Pol. Ahmad Luthfi
4. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran
5. Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Eko Indra Heri
6. As SDM Kapolri Brigjen Pol. Sutrisno Yudi Hermawan
7. Kapolda Banten Irjen Pol. Viandar
8. Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol. Aris Budiman
9. Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Nico Afinta
10. Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol. Dedi Prasetyo
11. Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Teguh Sarwono
12. Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol. Moh. Iqbal
13. Kadiv Humas Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono
14. Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. Rusdianto

 

Baca Juga: Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata Polri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya