Comscore Tracker

Polri akan Tindak Jual Beli Surat Sehat Bebas COVID-19 di Media Sosial

Tokopedia: Kami telah tindak produk dan toko yang dimaksud

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono mengatakan, pihaknya tak segan menindak pelaku yang menjual surat sehat bebas COVID-19 lewat media sosial.

"Kita akan lakukan penyelidikan. Kalau terbukti ada tindak pidana, akan kita proses," ujar Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (14/5).

1. Begini respons Tokopedia

Polri akan Tindak Jual Beli Surat Sehat Bebas COVID-19 di Media SosialIDN Times/Maulana

Surat sehat bebas virus corona itu dikabarkan dijual melalui toko online Tokopedia. Bahkan, surat sehat itu dijual dengan harga Rp70 ribu. Menanggapi hal ini, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, pihaknya selalu memastikan berbagai produk yang dijual di Tokopedia sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Baik dari sisi jenis produk, harga, kesesuaian judul maupun deskripsi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Tokopedia Diretas, William Tanuwijaya Tunjuk Institusi Kelas Dunia

2. Pihak yang diduga menjual surat sehat bebas COVID-19 telah ditindak Tokopedia

Polri akan Tindak Jual Beli Surat Sehat Bebas COVID-19 di Media SosialViral surat sehat bebas COVID-19 dijual di Tokopedia (Istimewa)

Jika ada penjual yang melanggar, lanjut Ekhel, Tokopedia berhak melakukan tindakan berupa pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, serta tindakan lain sesuai prosedur.

"Saat ini, kami telah menindak produk dan atau toko yang dimaksud sesuai prosedur," jelasnya.

3. Masyarakat diminta melaporkan jika ada produk yang melanggar lainnya

Polri akan Tindak Jual Beli Surat Sehat Bebas COVID-19 di Media Sosial(Ilustrasi Tokopedia) IDN Times

Ekhel menjelaskan, marketplace Tokopedia bersifat user generated content (UGC). Dimana, setiap pihak dapat mengunggah produk di Tokopedia secara mandiri. Meski UGC sangat bermanfaat, namun tetap harus kami disertai aksi proaktif untuk menjaga norma dan hukum yang berlaku.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar dapat melaporkan produk yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia dan atau hukum yang berlaku di Indonesia, langsung dari fitur Laporkan yang ada di setiap halaman produk," ungkap Ekhel.

Baca Juga: Catat! Pemudik yang Balik ke Jakarta Harus Ada Surat Keterangan Sehat!

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya