Polri Fokus Amankan Lokasi Pengibaran Bendera, Termasuk Papua

Pengamanan di Jakarta difokuskan di Istana Negara

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74, TNI-Polri bersama stakeholder terkait, memfokuskan melakukan pengamanan di lokasi pengibaran bendera merah putih.

"Di mana puncak-puncak kegiatan pengibaran bendera merah putih maupun acara penurunan bendera merah putih. Itu nanti diselenggarakan oleh seluruh pemerintah daerah maupun tempat-tempat lain. Itu diamankan secara full," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

1. Polisi juga jamin keamanan pengibaran bendera di Papua

Polri Fokus Amankan Lokasi Pengibaran Bendera, Termasuk PapuaIDN Times/Axel Jo Harianja

Untuk di wilayah Papua, lanjut Dedi, TNI/Polri juga menjamin keamanan dan pelaksanaan pengibaran maupun penurunan bendera merah putih.

"Kita mengantisipasi segala macam kemungkinan terburuk, termasuk halnya serangan terorisme dan serangan-serangan lainnya. Itu kita antisipasi secara maksimal," jelasnya.

Baca Juga: Calon Pengibar Bendera Tewas, Ini Hasil Investigasi TNI

2. Pengamanan di Papua dikendalikan oleh Satgas yang sudah ada

Polri Fokus Amankan Lokasi Pengibaran Bendera, Termasuk PapuaIDN Times/Handoko

Dedi juga memastikan, pihaknya tidak akan menambah personel pengamanan di Papua. Menurutnya, personel TNI/Polri yang ada di sana masih terbilang cukup.

"Di sana sudah ada Satgas (Satuan Tugas). Itu sudah cukup untuk betul-betul mengendalikan keamanan di sana," katanya.

3. Pengamanan di Jakarta difokuskan di Istana Negara

Polri Fokus Amankan Lokasi Pengibaran Bendera, Termasuk PapuaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, untuk pelaksanaan kegiatan HUT RI ke-74 di Jakarta, Istana Negara menjadi fokus pengamanan TNI/Polri. Hal ini karena, Istana menjadi salah satu lokasi puncak pengibaran maupun penurunan bendera Indonesia.

"Namun, (yang) menjadi objek vital nasional dan sentra keramaian masyarakat tetap jadi fokus keamanan kepolisian," katanya.

Baca Juga: Paskibraka DKI Jadi Pengibar Bendera Pertama di Pulau Reklamasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya