Positif COVID-19, Deputi Penindakan KPK Karyoto Isolasi di RS Polri

Karyoto dalam kondisi yang baik dan sehat

Jakarta, IDN Times - Deputi Penindakan KPK, Karyoto dinyatakan positif terpapar COVID-19. Hal itu dibenarkan Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri.

"Benar, Deputi Penindakan KPK (Karyoto) saat ini sedang isolasi mandiri di RS Polri sehubungan prosedur mitigasi penanganan COVID-19," kata Ali saat dikonfirmasi awak media, Selasa (15/12/2020).

1. Tugas bidang penindakan KPK tetap berjalan seperti biasa

Positif COVID-19, Deputi Penindakan KPK Karyoto Isolasi di RS PolriIlustrasi gedung KPK (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ali memastikan, kondisi Karyoto saat ini dalam keadaan baik dan sehat. Ia pun memohon doa agar Karyoto dapat segera pulih.

"Terkait tugas bidang penindakan KPK saat ini tetap berjalan seperti biasa. Pelaksana harian Deputi Penindakan dijabat oleh Direktur Penyidikan KPK," ucap Ali.

Baca Juga: KPK Dapat Informasi Paket Bansos COVID-19 Dipotong Rp100 Ribu

2. Seluruh ruangan di KPK sudah disemprot disinfektan

Positif COVID-19, Deputi Penindakan KPK Karyoto Isolasi di RS PolriPlt Jubir Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri (Dok. Humas KPK)

Ali juga menyebut, seluruh ruangan baik di Gedung Merah Putih dan Gedung KPK C1 telah disemprot disinfektan sejak Sabtu, 12 Desember 2020.

"Rapid test juga telah dilakukan terhadap beberapa orang pegawai KPK," beber dia.

3. Pada September 2020, 115 orang di lingkungan KPK positif COVID-19

Positif COVID-19, Deputi Penindakan KPK Karyoto Isolasi di RS PolriIlustrasi swab test. Dok. Humas KPK

Sebanyak 1.931 orang yang berada di lingkungan KPK sebelumnya sudah mengikuti tes swab pada 7-14 September 2020. Ali mengatakan, saat itu pihaknya baru mendapatkan hasil tes dari 1.898 orang.

"Total konfirmasi positif 115 orang terdiri dari pegawai KPK dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK," kata Ali saat dikonfirmasi, Jumat 18 September 2020.

Dari 115 orang yang dinyatakan positif COVID-19, 33 orang dinyatakan sembuh. Kemudian, ada 81 orang yang masih menjalani perawatan, serta isolasi mandiri.

"Total meninggal satu orang. Diagnosa akhir non-COVID, yaitu almarhum Pandu HS (Hendra Sasmita)," ujar Ali.

Namun, hingga saat ini, belum ada laporan terbaru berapa banyak orang di lingkungan lembaga antirasuah yang dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: Mensos Juliari Serahkan Diri ke KPK, Jadi Tersangka Bansos COVID-19

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya