Comscore Tracker

Sambangi Kementerian LHK, Kapolri Bahas Masalah Karhutla

Kapolri kunjungi kementerian dan lembaga setelah dilantik

Jakarta, IDN Times - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis menyambangi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (12/11). Selain silaturahmi, Idham mengatakan, kedatangannya untuk memperkuat sinergisitas antara Polri dan kementerian/lembaga.

"Sebagai wujud koordinasi dalam penyelesaian permasalahan kebakaran hutan, ilegal logging, termasuk perburuan satwa liar yang dilindungi. Polri beserta jajaran siap mem-backup segala penegakan hukum yang dilakukan jajaran KLHK," ujar Idham dalam keterangan tertulis, Selasa (12/11).

Baca Juga: Terima Panji Tribata Polri, Idham Azis: Saya akan Wakafkan Diri 

1. Masyarakat menjadi fokus utama akibat kebakaran hutan dan lahan

Sambangi Kementerian LHK, Kapolri Bahas Masalah KarhutlaDokumen Humas Polri

Dalam kesempatan itu, Idham menilai, sebagai Kapolri baru sudah sepantasnya bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan pihak KLHK. Sebab, Korps Bhayangkara dan KLHK, telah bahu membahu dan berkoordinasi intens atas kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita tahu bersama karhutla sudah menjadi isu global terkait perubahan iklim bumi. Tapi yang utama tetaplah warga, masyarakat yang terdampak menjadi perhatian kita bersama," kata jenderal bintang empat itu.

2. Polri dan KLHK akan terus berupaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan

Sambangi Kementerian LHK, Kapolri Bahas Masalah KarhutlaANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Polri bersama KLHK, kata Idham, akan terus berupaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Mulai dari sistem peringatan dini, langkah-langkah antisipatif, hingga masalah penegakkan hukum.

"Hal-hal lain yang bersinggungan dengan tugas Polri akan kami mantap kan untuk kerja sama dengan Kementerian LHK," ujar mantan Kabareskrim itu.

3. Idham mengunjungi berbagai kementerian dan lembaga usai dilantik sebagai Kapolri

Sambangi Kementerian LHK, Kapolri Bahas Masalah KarhutlaDokumen Humas Polri

Idham Azis dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (1/11) lalu. Usai dilantik, Idham langsung mengunjungi beberapa kementerian dan lembaga. Di antaranya menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Selanjutnya, menemui Kepala Staf Angkatan Udara, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, Kasum TNI dan Kepala Bappenas. Usai menemui Menteri LHK, sore ini Idham akan bertemu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj.

Baca Juga: Karhutla Indonesia di 2015 dan 2019, Bagaimana Perbandingannya?

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You