Sambut Lebaran, Kemenag Gelar Takbir Virtual dari Masjid Istiqlal

Diharapkan dapat mengobati kerinduan ritual malam takbiran

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, mengatakan, pihaknya menggelar Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idulfitri dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1441H, Kemenag berharap seluruh umat muslim tetap dapat bersuka cita meskipun kita harus melaluinya di tengah pandemik. Oleh karenanya, kita membuat program Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idulfitri dari Istiqlal," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (23/5).

1. Presiden Jokowi hingga tokoh-tokoh muslim akan mengikuti takbir virtual

Sambut Lebaran, Kemenag Gelar Takbir Virtual dari Masjid Istiqlal(Presiden Jokowi tengah menunjukkan produk unggulan buatan dalam negeri lawan COVID-19) Biro Pers Istana

Kamaruddin menjelaskan, takbir virtual ini rencananya akan diikuti oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan wakilnya Ma'ruf Amin melalui sambungan video conference.

"Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid serta tokoh-tokoh muslim pun rencananya akan mengikuti program ini melalui video conference," jelasnya.

Baca Juga: MUI dan DMI: Tak Ada Takbir Keliling, Salat Idulfitri di Rumah

2. Akan disiarkan langsung juga lewat TVRI

Sambut Lebaran, Kemenag Gelar Takbir Virtual dari Masjid IstiqlalMasjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Kegiatan yang akan dimulai sejak pukul 19.30 WIB ini, juga akan menghadirkan imam besar Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

"Tayangannya akan disiarkan live melalui akun YouTube dan Fanpage resmi Kementerian Agama, serta tv pool TVRI," jelas Kamaruddin.

3. Takbir virtual diharapkan dapat mengobati kerinduan ritual malam takbiran

Sambut Lebaran, Kemenag Gelar Takbir Virtual dari Masjid IstiqlalIlustrasi takbiran keliling. (IDN Times/Yudi Pane)

Sebelumnya, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling jelang Syawal, untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kamaruddin menuturkan, takbir virtual dari Masjid Istiqlal ini diharapkan dapat mengobati kerinduan umat muslim terhadap ritual malam takbiran.

"Jadi malam ini kita bisa tetap bertakbiran bersama meski lewat virtual. Mari kumandangkan takbir dari rumah kita masing-masing dengan suka cita," kata Kamaruddin.

Baca Juga: Satpol PP DKI: Takbir Keliling Tidak Diperbolehkan

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya