Sandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia Gerobak

350 paket sembako di bagikan di kawasan Tebet, Jaksel

Jakarta, IDN Times - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang dikomandoi Sandiaga Salahuddin Uno, membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan wabah COVID-19.

Kali ini, Sandiaga menyalurkan bantuan sosial kepada pembuat tempe dan ‘manusia gerobak’ yang terdampak wabah COVID-19, di RT 016/01 Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

"Hari ini, kami bersama Seknas Jokowi memberikan bantuan 350 paket sembako dan masker. Kita harapkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat di Tebet ini,” ujar Sandiaga Uno di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (15/5).

1. Pembagian sembako diinisiasi oleh Koordinator Seknas Jokowi

Sandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia GerobakSandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia Gerobak (Dok. Istimewa)

Sandiaga mengatakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 akan terus memberikan bantuan kepada keluarga yang penghasilannya menurun dan mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemik ini. Pembagian sembako ini, diinisiasi oleh Koordinator Relawan Sekretariat Nasional Jokowi (Seknas Jokowi), Deitje Mawuntu.

"Kita lihat di pusat kota banyak saudara-saudara kita mengalami tekanan dari segi penghasilan dan kehilangan pekerjaan maupun biaya hidup yang semakin meningkat. Ini menjadi salah satu tantangan kita bersama," katanya.

"Apalagi, bahan baku tempe yaitu kedelai sedang naik harganya. Yang dulunya Rp7 ribu, kini Rp9 ribu per Kg. Beban masyarakat semakin meningkat di tengah perjuangan kita melawan COVID-19," kata Sandiaga lagi.

Baca Juga: Manusia Gerobak, Yang Terlupakan di Masa Pandemik Corona

2. Sandiaga dan relawan ingin bantu warga yang belum dapat bantuan

Sandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia GerobakSandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia Gerobak (Dok. Istimewa)

Sandiaga mengatakan tugas Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ialah mendata anggota masyarakat yang terlewatkan dan belum tersentuh paket-paket bantuan sosial dari pemerintah dan dunia usaha. "Sehingga, ini lebih merata. Dari pandangan kita, selama ini ada 15-20 persen yang belum tersentuh dan berhak mendapatkan bantuan sosial," ungkap Sandiaga.

“Kita relawan indonesi terus turun untuk mendata anggota masyarakat yang belum tersentuh bantuan pemerintah. Karena kita yakin, ada yang terlewat ataupun data-data belum akurat,” sambungnya.

3. Relawan Indonesia Bersatu sebelumnya bagikan bantuan di sejumlah wilayah

Sandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia GerobakSandiaga dan Relawan Beri Bantuan ke Pembuat Tempe dan Manusia Gerobak (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Relawan Indonesia Bersatu telah membagikan 25.000 paket sembako serta 2,1 juta masker dari 10 juta masker yang tersedia. Sebanyak 150 paket sembako juga diberikan kepada buruh korban PHK akibat dampak COVID-19di Koja, Jakarta Utara.

Kemudian, 600 paket sembako juga diberikan kepada warga Bantargebang serta 300 paket sembako lainnya disalurkan ke Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tak hanya di wilayah Jabodetabek, 250 paket sembako juga telah diberikan kepada warga di Kelurahan Lalatang, Kecamatan Tallo, Makassar.

"Aksi ini akan terus dilakukan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 sampai wabah COVID-19 bisa dikalahkan," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi dan Ma'ruf Amin Dilantik, Ini Harapan "Manusia Gerobak"

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya