Comscore Tracker

Sardjono Jhony, Eks Dirut Merpati Ditunjuk Jadi Bos Baru Transjakarta

Jhony pernah menjadi pilot dan Dirut PT Angkasa Pura 1

Jakarta, IDN Times - Mantan Direktur Utama (Dirut) Merpati Nusantara Airlines, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, ditunjuk menjadi Dirut PT Transjakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menggantikan Donny Andy Saragih, yang sebelumnya disebut tersandung kasus penipuan. Padahal, Donny baru ditunjuk sebagai Dirut pada 29 Januari 2020 lalu.

Keputusan dipilihnya Jhony sebagai Dirut baru Transjakarta dibenarkan oleh Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Jakarta, Riyadi.

"Kalau Keputusan RUPS (rapat umum pemegang saham) nya tanggal 27 Mei 2020. Ya itu, mengangkat Pak Sardjono Jhony Tjitrokusumo sebagai Direktur utama PT Transjakarta," jelasnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (29/5).

Baca Juga: Jakarta Tanggap Darurat COVID-19, Jadwal TransJakarta dan MRT Dibatasi

1. Hanya ada satu kandidat Dirut PT Transjakarta

Sardjono Jhony, Eks Dirut Merpati Ditunjuk Jadi Bos Baru TransjakartaIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Riyadi menjelaskan, Jhony berhasil melewati beberapa tahapan hingga proses asesmen. Dia juga memastikan, tidak ada kandidat lain untuk menjadi Dirut PT Transjakarta.

"Kebetulan ada satu kandidat kemudian kita tes, dinyatakan lolos, ya sudah. Kalau gak lolos kita cari yang lain. Sudah dengan cara itu," ujarnya.

2. Tak masalah meski Jhony lebih berpengalaman di bidang transportasi udara

Sardjono Jhony, Eks Dirut Merpati Ditunjuk Jadi Bos Baru TransjakartaDirektur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrakusumo (Dok. ANTARA News)

Riyadi mengklaim bahwa Jhony yang mengajukan diri sebagai Dirut baru PT Transjakarta. Dia mengatakan, proses penentuannya juga sudah cukup lama.

Lebih lanjut, Pemprov DKI kata Riyadi, tak mempermasalahkan jika Jhony lebih berpengalaman di bidang transportasi udara.

"Yang jelas kan pengalamannya transportasi. Kemudian pernah di Angkasa Pura 1 jadi direktur," ungkapnya.

3. Jhony pernah berkarier sebagai pilot

Sardjono Jhony, Eks Dirut Merpati Ditunjuk Jadi Bos Baru TransjakartaIlustrasi pilot (Pixabay)

Dilansir dari berbagai sumber, Jhony pernah menjadi pilot. Pada 1991-2004, dia menjadi pilot di maskapai Merpati Nusantara Air Lines.

Tak hanya itu, Jhony juga pernah menjadi pilot Qatar Airways pada 2006-2007. Setahun kemudian yakni pada 2008, Jhony menjadi pilot senior Etihad Airways.

4. Pernah menjadi Dirut Angkasa Pura 1

Sardjono Jhony, Eks Dirut Merpati Ditunjuk Jadi Bos Baru TransjakartaDirektur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrakusumo (Dok. ANTARA News)

Pada 27 Mei 2010, Jhony ditunjuk sebagai Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines. Namun, dia pernah diperiksa Kejaksaan Agung terkait pengadaan Merpati MA 60 yang salah satunya jatuh di perairan Kaimana, Papua Barat, pada 7 Mei 2011.

Dalam peristiwa itu, 27 orang dinyatakan meninggal dunia. Sardjono akhirnya dipecat pada 2012 dan posisinya digantikan oleh Rudy Setyopurnomo.

Tahun 2017, Jhony ditunjuk sebagai Direktur Hubungan Internasional dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura I. Kala itu, dia diangkat secara resmi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Baca Juga: Transjakarta Setop Transaksi Tunai Isi Ulang Kartu karena Virus Corona

Topic:

  • Sunariyah
  • Axel Joshua Harianja

Berita Terkini Lainnya